06 October 2020, 23:20 WIB

Gempa di Lumajang Disusul Gempa Magnitudo 3,6 di Malang


Zubaedah Hanum | Humaniora

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan magnitudo 5 mengguncang Lumajang, Jawa Timur, Selasa (6/10) malam.

Gempa bumi itu terjadi pukul 20.52 WIB dengan pusat gempa berada 134 kilometer barat daya Lumajang. Adapun Koordinat gempa berada di 9.31 Lintang Selatan dan 112.93 Bujur Timur.

"Gempa bumi di Lumajang terjadi di kedalaman 10 kilometer dan tidak berpotensi tsunami," sebut BMKG.

Satu setengah jam setelah gempa Lumajang, BMKG mencatat gempa berkekuatan 3,6 sekitar 169 km Tenggara Kabupaten Malang. Kedalaman gempa diketahui 10 km.

Lumajang termasuk daerah rawan gempa. Wilayah Lumajang bagian selatan diketahui berbatasan langsung dengan Laut Selatan atau Samudera Indonesia. Hal ini tentu menyebabkan wilayah selatan Kabupaten Lumajang memiliki potensi terdampak bencana tsunami.
 
Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, pihaknya akan mengidentifikasi daerah rawan tsunami di daerah itu terkait dengan hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung ( ITB) yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report mengenai adanya potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa. Kemungkinan gempa besar disertai tsunami di wilayah Indonesia diidentifikasi berada di Jawa Barat dan Jawa Timur.
 
Berdasarkan data BPBD Lumajang tercatat sembilan desa, mulai dari Kecamatan Yosowilangun hingga Kecamatan Tempursari, yang merupakan daerah rawan bencana tsunami, yakni Desa Wotgalih, Jatimulyo, Bades, Selok Awar-awar, Bulurejo, Tegalrejo, Darungan, Pandanwangi, dan Pandan Arum. (Ant/H-2)

BERITA TERKAIT