07 October 2020, 02:10 WIB

Ersa Mayori Ajak Masyarakat Pakai Masker


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora

MEMAKAI masker menjadi salah satu kunci dalam protokol kesehatan guna mencegah penularan covid-19, selain mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak menghindari kerumunan. 

Tiga hal tersebut, disebut sebagai gerakan 3M, gencar dikampanyekan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyakit yang diakibatkan virus SARS-CoV-2. Edukasi kepada masyarakat melalui Gerakan 3M telah dilakukan selama beberapa waktu, tetapi masih banyak masyarakat yang belum mematuhi protokol kesehatan, salah satunya memakai masker.

Aktris dan presenter Ersamayori Aurora Yatim atau lebih dikenal dengan nama Ersa Mayori, 41, juga ikut menggaungkan hal yang sama, yaitu memakai masker. 

“Saya Ersa Mayori ingin mengajak warga Jakarta, terutama warga Kelurahan Cilandak Barat, untuk terus semangat dan disiplin dalam menerapkan gaya hidup 3M,” papar Ersa dalam video Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

“Yang pertama memakai masker. Jangan lupa maskernya selalu dipakai, ya. Lalu yang kedua mencuci tangan sesering mungkin dengan cara yang benar dan yang ketiga menjaga jarak. Hindari keramaian,” pesan Ersa.

Ia menambahkan, mematuhi protokol kesehatan merupakan bentuk partisipasi untuk ikut menurunkan risiko tertular covid-19. “Insya Allah pandemi bisa kita lewati bersama. Harus dengan kerja sama dan disiplin yang baik, ya. Untuk kita, untuk kamu, untuk aku, untuk keluarga yang kita sayangi,” ungkap lulusan Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya tersebut.

Dalam akun Instagram pribadinya, Ersa juga tak bosan berkampanye protokol kesehatan. “Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak. Masih pada disiplin kan? Yuk, jangan kendur semangatnya untuk terapin protokol kesehatan. Pandemi belum berakhir!” tegasnya.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak, dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangan dan #cucitanganpakaisabun.


Berkebun

Selama pandemi dan sering tinggal di rumah karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Ersa mempunyai kesibukan baru, yaitu berkebun.

Ia bahkan menyebut tanamannya sebagai ‘anak-anak hijau’. “Anak-anak pada sekolah online, Mama main sama anak-anak hijau. Intipin satusatu, liat kondisi dan kebutuhannya,” ujar Ersa dalam unggahan Instagram-nya.

Ia merasa sangat senang jika ada tunas yang baru tumbuh atau daun muda yang mengembang. “Seolah itu cara mereka berterima kasih udah dirawat, gitu. Mungkin terdengar lebay, tapi jujur emang gitu rasanya. Haha. Para #plantmom lain gitu juga nggak sih?” kata dia.

Selain berkebun, Ersa memelihara lima kucing. Ia menyarankan penyuka tanaman yang memelihara binatang peliharaan agar mencari info mengenai tanaman yang pet friendly. 

“Beberapa tanaman, kalau termakan pets, bisa bikin diare, muntah, atau iritasi mulut,” tutur Ersa.

Ia menambahkan, dari lima kucing yang dipelihara, terdapat dua kucing yang diberi nama Koko dan Mimo yang sering penasaran dengan daun. 

“Pastikan untuk taro tanaman di tempat yang aman dari jangkauan pets, yaaa, supaya anak bulu dan anak hijau kita sehat semua!” kata dia. (Medcom.id/H-3)

BERITA TERKAIT