07 October 2020, 00:35 WIB

Trump Langsung Lepas Masker


MI | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS), Donald Trump, memutuskan kembali ke Gedung Putih setelah tiga hari mendapatkan perawatan di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, Senin (5/10). 

Setelah kembali, dia tetap memilih untuk menjadi sosok yang jauh dari masker. Trump mendarat di halaman selatan Gedung Putih dan menuju ke Truman Balcony dengan melepas masker yang sebelumnya dikenakan. 

Dia kemudian mengacungkan jempol ke kamera dan berbalik memasuki ruangan yang penuh dengan pembantunya. Dia pun masih tanpa menggunakan masker. Tim medis Presiden AS Donald Trump mengatakan Presiden mungkin belum dalam keadaan pulih sepenuhnya setelah kurang dari satu jam Trump men-tweet bahwa dirinya akan kembali ke Gedung Putih.

Dalam film, yang dia tweet segera setelah itu , Trump menawarkan beberapa nasihat yang sangat bertentangan tentang virus covid-19, yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang Amerika, Jangan biarkan itu mendominasi Anda. Jangan takut. 

Anda akan mengalahkannya. Kami memiliki peralatan medis terbaik. Saya tahu ada risiko, ada bahaya, tapi tidak apa-apa. Sekarang saya lebih baik dan mungkin saya kebal, saya tidak tahu! Tapi jangan biarkan itu mendominasi hidup Anda. Keluar sana. Hati-hati.”


Optimisme

Dokter Presiden AS Donald Trump, Komodor Angkatan Laut Sean Conley, pada briefing sore hari, Senin (6/10) mengungkapkan optimisme terhadap kondisi Trump. 

Dia mengatakan Presiden dapat melanjutkan jadwal normalnya bila tidak ada bukti virus hidup masih ada. “Mungkin belum sepenuhnya keluar dari masalah, (tetapi) setuju bahwa semua evaluasi kami. Yang paling penting, status klinisnya mendukung kepulangan Presiden yang aman. Dia akan dikelilingi oleh perawatan medis kelas dunia,” katanya. (Van/AFP/The Guardian/uk.news/I-1)

BERITA TERKAIT