06 October 2020, 20:00 WIB

Tujuh Serigala Hitam Kanada Hilang Tersapu Banjir di Prancis


Adiyanto | Weekend

TUJUH  serigala hitam Kanada hilang  setelah banjir menghancurkan kandang mereka di taman margasatwa di Prancis selatan, Selasa (6/10). Kantor Keanekaragaman Hayati Prancis (OFB), memperingatkan mereka mungkin mati kelaparan jika tidak segera ditemukan.

Taman margasatwa Alpha, di cagar nasional Mercantour di utara kota Nice Riviera, Prancis, porak-poranda setelah banjir melanda tenggara negara itu. Banjir juga menewaskan sedikitnya empat orang.

Dua agen OFB dan seorang ahli bedah hewan sedang menyelidiki daerah itu dengan helikopter setelah penampakan beberapa serigala dilaporkan terlihat di dekat taman tempat mereka dikurung.

Direktur regional OFB Eric Hansen mengatakan kepada AFP, serigala yang melarikan diri tidak akan dapat bertahan hidup sendiri karena mereka terbiasa diberi makan.

"Prioritasnya adalah menemukan mereka, dan menangkap mereka dengan bantuan panah," kata Hansen.

Serigala hitam Kanada adalah sub-spesies besar dari serigala abu-abu, dengan berat sekitar 80 kilogram.

Wilayah Mercantour adalah rumah bagi serigala abu-abu yang hidup di alam liar. Mereka biasa kawin silang dengan serigala hitam Kanada.

“Tubuh salah satu dari tiga serigala Arktik taman itu ditemukan setelah kandangnya tersapu banjir. Dua lainnya mungkin sudah mati juga,” kata Hansen.

Taman Nasional Mercantour, dibuat pada 1979, memiliki 78 spesies mamalia dan lebih dari 200 spesies burung.

Tempat itu adalah rumah bagi sekitar 50 serigala Italia, spesies yang dilindungi, yang bermigrasi ke sana pada 1990-an. (M-4)

BERITA TERKAIT