06 October 2020, 18:33 WIB

Temui Sekutu Asia, Menlu AS Kecam Sikap Tiongkok


Faustinus Nua | Internasional

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo tengah mengunjungi sejumlah negara mitra di Asia.

Dia pun menyoroti aktivitas Tiongkok di kawasan yang dinilai bermotif jahat. Saat bertemu sekutu utama Asia-Pasifik yang berlangsung di Tokyo, Jepang, Pompeo mempertegas persatuan untuk melawan Tiongkok.

Diplomat AS itu menemui mitra dari Jepang, Australia dan India dalam perjalanan ketat, setelah Presiden AS Donald Trump dinyatakan positif covid-19.

Baca juga: Pesawat Militer Tiongkok Terobos Wilayah Taiwan Hingga 46 Kali

Pertemuan pertamanya ialah dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne. Kedua petinggi negara pun membahas aktivitas Tiongkok di kawasan.

"Kami melihat buruknya perilaku Tiongkok di kawasan,” ujar seorang pejabat Departemen Luar Negeri AS terkait isi pertemuan.

Selama di Tokyo, Pompeo menyoroti posisi Jepang yang kesulitan mempertahankan hubungan dengan Tiongkok. Diketahui, Pompeo adalah pejabat senior AS yang pertama kali mengunjungi Jepang, setelah kepemimpinan Perdana Menteri Yoshihide Suga.

Baca juga: Diduga Mata-Mata, 4.000 Pelajar Tiongkok Ditargetkan Otoritas AS

"Perdana Menteri Suga menggambarkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka sebagai fondasi perdamaian dan stabilitas regional. Saya sangat setuju," kata Pompeo pada awal pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi.

"Sudah saatnya kita lebih memperdalam koordinasi dengan negara yang memiliki visi serupa. Serta, memperkuat upaya kerja sama," imbuhnya.

Pompeo diketahui gencar mengkritik kebijakan Tiongkok. Mulai dari aspek keamanan, isu hak asasi manusia, hingga covid-19. Dia bahkan memimpin kampanye internasional untuk menghindari Tiongkok.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT