06 October 2020, 17:15 WIB

Kerap Dirazia Kini Warga Brebes Mulai Disiplin Gunakan Masker


Supardji Rasban | Nusantara

GENCARNYA razia pemakain masker di berbagai tempat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dalam sebulan terakhir membuat warga kapok dihukum. Hukumannya dari menyanyi lagu kebangsaan, menyapu, push up hingga denda.  Alhasil, warga yang keluar rumah selalu meggunakan masker.

Razia pemakain masker tersebut seperti yang dilakukan petugas gabungan dari Polisi, TNI, dan Linmas serta ormas kepemudaan yang dilakukan di Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Selasa (6/10).

Dalam operasi pemakaian masker tersebut, hanya dua pengendara sepeda motor yang terjaring tidak mengenakan masker. Selebihnya ratusan kendaraan yang melintas sudah sadar diri menggunakan masker.

Camat Bulakamba yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 Kecamatan Bulakamba, Sugeng Basuki menjelaskan dari hasil razia masker di wilayahnya terlihat kesadaran masyarakat mengenakan masker semakin tinggi.

"Ini menandakan masyarakat sangat berharap banyak jika penyebaran virus Covid-19 bisa semakin ditekan," ujar Sugeng.

Anggota Pansus Covid-19 DPRD Brebes, Wamadiharjo yang turun langsung saat razia masker digelar, menuturkan jika gencarnya razia masker dan sosialisasi sangat berperan menjadikan masyarakat kini mengenakan masker.

"Tetapi yang lebih penting kesadaran memakai masker itu datang dari masyarakat sendiri, tanpai harus ada razia," ujar Wasmad.

Wasmad meminta Pemerintah Kabupaten Brebes segera membuat Peraturan daerah tentang protokol kesehatan. "Agar warga yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Brebes bisa berkurang. (OL-13)

BERITA TERKAIT