06 October 2020, 17:02 WIB

Angin Kencang Terjang Cilacap, Satu Rumah Roboh


Lilik Darmawan | Nusantara

HUJAN deras yang disertai angin kencang menerjang Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) Selasa (6/10). Akibatnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan dan sebuah rumah roboh.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap meminta kepada masyarakat untuk waspada terhadap kemungkinan angin kencang kembali. Sebab, pada masa pancaroba dan awal musim penghujan ada potensi angin kencang disertai petir.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa rumah yang roboh akibat angin kencang berada di Kelurahan Mertasinga,
Kecamatan Cilacap Utara. "Hujan angin yang terjadi di Kelurahan  Mertasinga tersebut mengingatkan kepada seluruh warga untuk mewaspadai datangnya musim pancaroba dan awal musim penghujan. Biasanya pada masa pancaroba, akan diwarnai dengan hujan deras yang disertai angin dan  petir," ujarnya.

Menurutnya, rumah yang roboh di Kelurahan Mertasinga tersebut milik  Asran. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. "Warga bergotong-royong untuk menyingkirkan material yang roboh," katanya.

Sebelumnya, BPBD Cilacap juga telah memetakan wilayah-wilayah yang rawan terjadinya banjir dan longsor pada musim penghujan. Di Cilacap ada 30 desa rawan banjir dan 64 desa lainnya rawan longsor. Memasuki musim penghujan, maka BPBD meminta masyarakat terutama di wilayah rawan
bencana untuk terus waspada. (R-1)

 

BERITA TERKAIT