06 October 2020, 16:17 WIB

KPK-LAN Teken Kerja Sama Penyiapan Peralihan Status Pegawai


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Lembaga Administrasi Negara (LAN) meneken nota kesepahaman (MoU) terkait pemberantasan korupsi dan persiapan peralihan status pegawai komisi menjadi ASN. Nota kesepahaman itu dicanangkan untuk mempererat kerja sama kedua lembaga termasuk untuk pendidikan serta pelatihan pegawai KPK.

"Beberapa kesepakatan yang kita tuangkan antara lain terkait kerja sama pemberantasan korupsi. Yang kedua kita ingin membangun kapasitas dan kapabilitas pegawai KPK dalam hal ini pendidikan," kata Ketua KPK usai penandatanganna MoU di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (6/9). Penandatanganna MoU juga disaksikan Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Terkait persiapan peralihan status pegawai, komisi antirasuah saat ini tengah menyiapkan peraturan internal. Firli mengatakan kerja sama dengan LAN ditujukan untuk membangun kapasitas pegawai sesuai kriteria ASN. Pegawai maupun pejabat struktural di komisi antirasuah disiapkan dengan mengikuti pelatihan kepemimpinan dari LAN.

"Untuk kerja sama pencegahan korupsi, kita sadar LAN memiliki posisi strategis dalam rangka membangun penyelenggaraan negara yang berintegritas yang memiliki profesional jauh dari korupsi," ucap Firli.

Kepala LAN Adi Suryanto menyebutkan saat ini sejumlah pejabat struktural KPK juga tengah mengikuti pelatihan kepemimpinan yang digelar LAN untuk menyiapkan proses peralihan status.

Nantinya, akan lebih banyak lagi pegawai KPK yang mengikuti pelatihan atau pengembangan kompetensi dan orientasi. Pelatihan juga akan diikuti pada jabatan struktural setara eselon III dan IV. Kerja sama dengan KPK itu merupakan tindak lanjut menyusul terbitnya PP Nomor 41 Tahun 2020 tentang Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menjadi Pegawai ASN.

"Saat ini sejumlah pegawai KPK juga tengah mengikuti pelatihan kepemimpinan di LAN untuk memenuhi standar kompetensi manajerial sesuai dengan jenjang jabatan strukturalnya," ucap Adi.

Menpan RB Tjahjo Kunolo mengapresiasi kerja sama kedua lembaga tersebut. Ia berharap LAN bis berperan strategis meningkatkan kapasitas dan mengembangkan kompetensi pegawai ASN termasuk pegawai KPK yang nantinya akan beralih status.

"Berbagai terobosan dan inovasi baru yang telah LAN ciptakan melalui pendidikan dan pelatihan merupakan modal utama dalam menciptakan ASN yang unggul serta mampu memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat," kata Tjahjo.(OL-4)

BERITA TERKAIT