06 October 2020, 16:05 WIB

Okupansi Hotel di Babel Merangkak Naik Capai 20 Persen


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

OKUPASI atau tingkat hunian kamar perhotelan di Provinsi Bangka Belitung (Babel) mulai mengalami peningkatan sekitar 20 perse. Meski tidak terlalu besar kenaikkannya, namun pertanda ekonomi di Babel mulai pulih di masa pandemi Covid-19.

Ketua Persatuan Hotel Restoran Seluruh Indonesia (PHRI) Provinsi Babel, Bambang Patijaya mengatakan beberapa waktu belakangan ini. Okupansi mulai meningkat. "ini menunjukan tingkat pengunjung perhotelan mulai bertambah,"kata Bambang, Selasa (6/10)

Diakuinya, peningkatan okupansi tiap-tiap hotel berbintang itu berbeda-beda, namun memang terlihat ada peningkatan.

"Kalau data terakhir, memang kenaikan tidak sama untuk tiap-tiap bintang. Tapi rata-rata sekarang sudah masuk angka 20 persen, sudah jauh lebih baik, kira-kira separuh dari biasanya. 95 persen itu domestik (pengunjung perhotelan-red)," jelasnya.

Ia berharap okupansi perhotelan ini terus naik, namun tetap dengan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku dalam upaya pencegahan Covid-19.

"Kami berharap grafik ini akan terus menaik tetapi kita jangan melupakan protokol kesehatan. Sehingga peningkatan okupansi ini jangan sampai menimbulkan problem baru," ungkap dia.

Dia menghimbau kepada seluruh pihak perhotelan dan restoran di Bangka Belitung untuk selalu waspada. Pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dilaksanakan dengan ketat.

"Jangan sampai lengah tidak melaksanakan protokol kesehatan atau 3M kepada pengunjung atau karyawan. Lebih baik mencegah daripada hotel tersebut kemudian menjadi masalah," imbau dia. (OL-13)

Baca Juga: Pandemi Mengubah Pola Belanja Konsumen

 

BERITA TERKAIT