06 October 2020, 15:26 WIB

Sembuh dari Korona, Dua Pasangan Calon Kepala Daerah Ditetapkan


Lina Herlina | Nusantara

DUA pasangan bakal calon kepala daerah di Sulawesi Selatan, yaitu Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta di Luwu Timur dan Arsyad Kasmar-Andi Sukma di Luwu Utara baru ditetapkan sebagai calon kepala daerah, Senin (5/10). Pada hari ini, Selasa (6/10), baru penetapan nomor urut.

Itu baru dilakukan lantaran Irwan dan Arsyad baru saja sembuh, setelah terinfeksi virus korona. Meski dipastikan mendapat yang tersisa, karena regulasi, mereka tetap melakun pengambilan nomor urut.

Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri Hatta (Ibas-Rio) yang diusung Partai NasDem dan Demokrta mendapat nomor urut dua. Sebelumnya, rivalnya, Thoriq Husler-Budiman Hakim, mendapat nomor urut satu.

Arsyad Kasmar-Andi Sukma (Akas) mendapat nomor urut tiga. Sebelumnya, rival mereka yakni Thahar Rum-Rahmat mendapat nomor urut satu dan Indah Putri Indriani-Suaib Mansur nomor urut dua yang ditetapkan oleh KPU pada 23 September lalu.

Komisioner KPU Luwu Utara Divisi Teknis Hayu Vandy mengatakan pasangan yang diusung oleh PKS, Gerindra, dan Hanura itu resmi menjadi pasangan calon. KPU Luwu Utara lalu meminta rekening dan laporan awal dana kampanye (LADK). "Mulai hari ini juga harus buka rekening khusus dana kampanye. Paling lambat hari pertama kampanye," lanjut Hayu.

Terpisah, Ketua tim lemenangan pasangan Akas, M Rajab menyebut pihaknya pada saat jadwal pemeriksaan kesehatan beberapa pekan lalu dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Tapi setelah dua pekan isolasi mandiri, Arsyad Kasmar sudah dinyatakan negatif dan mengikuti tahapan pemeriksaan dan tahapan Pilkada.

"Kami masih harus lebih semangat, lebih bekerja ekstrakeras di lapangan, dan berusaha sekuat tenaga memenangkan pasangan Akas di mayoritas TPS pada hari H, 9 Desember nanti, karena kehilangan seminggu masa kampanye," tutup M Rajab. (OL-14)

BERITA TERKAIT