06 October 2020, 15:10 WIB

WHO: 10% Populasi Global Sudah Terinfeksi Covid-19


Faustinus Nua | Internasional

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan ratusan juta orang telah terinfeksi covid-19. Lebih besar dari data resmi yang dirilis sejauh ini, yakni sekitar 35 juta orang.

“Saat ini, kami memperkirakan populasi global yang sudah terinfeksi covid-19 sekitar 10%,” ucap Kepala Operasi Darurat WHO Mike Ryan, Senin (5/10) waktu setempat.

“Ini bervariasi tergantung negaranya, perkotaan maupun pedesaan. Juga bervariasi di antara kelompok yang berbeda. Artinya, Sebagian besar dunia berisiko terinfeksi,” imbuhnya.

Baca juga: WHO: Kasus Kematian Akibat Covid-19 Bisa Tembus 2 Juta

Lebih lanjut, dia mengatakan terjadi lonjakan kasus covid-19 dan kasus kematian di wilayah Eropa dan Asia Tenggara. Sementara itu, kondisi di Afrika dan Pasifik Barat cenderung lebih baik.

Menurutnya, pandemi covid-19 masih akan berlangsung. Namun, pihaknya optimistis terhadap upaya sejumlah negara yang mencari vaksin covid-19.

“Masa depan tergantung pada pilihan yang kita buat. Bagaimana menggunakan peralatan, mengembangkan vaksin, hingga mendistribusikan ke yang lain,” pungkas Ryan.

Baca juga: Sapa Pendukung Saat Idap Covid-19, Trump Dikritik

Berdasarkan perhitungan Universitas Johns Hopkins, jumlah kasus terkonfimasi covid-19 sejauh ini mencapai 35,2 juta orang. Adapun kasus kematian akibat covid-19 tercatat lebih dari 1 juta orang. Pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh mencapai 24,5 juta orang.

WHO dan sejumlah ahli kesehatan meyakini covid-19 berasal dari hewan. Virus tersebut pertama kali muncul dari pasar hewan di Kota Wuhan, Tiongkok. Sejauh ini, WHO telah mengirimkan utusan untuk menyelidiki asal-usul virus di Negeri Tirai Bambu.(AlJazeera/OL-11)

BERITA TERKAIT