06 October 2020, 14:22 WIB

Pemkot Jakbar Bangun Embung untuk Atisipasi Banjir


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Jakarta Barat melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) membangun cekungan penampung air (embung) di Kelurahan Tegal Alur dan Semanan, Selasa (6/10).

Kasudin SDA Jakarta Barat, Purwanti Suryandari mengatakan, kedua embung dengan kedalaman tiga meter itu, bertujuan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta luapan kali Semongol atau pasang surut air laut.

“Pembangunan kedua embung ini untuk mengatasi genangan dan banjir di kawasan tersebut,” ujarnya, Selasa (6/10) saat dikonfirmasi.

Menurut Purwanti, lahan yang digunakan untuk pembangunan embung merupakan milik Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

Dia menjelaskan, embung di Tegal Alur dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi dengan luas cekungan 2.500 meter persegi di belakang Rusun Lokbin Tegal Alur.

Sedangkan di Semanan, embung dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi dengan luas cekungan 3.000 meter persegi di Kampung Bulak RT 010/01 Semanan, tepatnya di belakang Rusun Pesakih, embung di lokasi ini untuk mengalirkan air ke Kali Mookevart.

Ia menjelaskan, untuk membangun embung, pihaknya mengerahkan satu alat berat jenis eksavator di Semanan dan satu alat berat di Tegal Alur.

“Pembangunan kedua embung ini ditargetkan akan rampung pada akhir Desember," tandasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT