06 October 2020, 14:22 WIB

Lithuania dan Polandia Tarik Dubes untuk Belarusia


Nur Aivanni | Internasional

LITUANIA dan Polandia, pada Senin (5/10), mengatakan bahwa mereka menarik duta besar mereka untuk Belarusia di tengah meningkatnya ketegangan dengan negara tersebut terkait pemilihan presiden yang disengketakan.

Langkah itu dilakukan tiga hari setelah Minsk menarik duta besarnya untuk Vilnius dan Warsawa setelah sanksi Uni Eropa terhadap pejabat Belarusia yang dituduh melakukan kecurangan dalam pemilu dan pelanggaran hak asasi manusia.

Baca juga: Dongkrak Ekonomi, Kim Jong-un Perintahkan Mobilisasi Massal

Lituania dan Polandia telah membuat marah Pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko. Pasalnya, kedua negara itu mendukung protes yang telah mengguncang negara itu yang menuntut Lukashenko mundur setelah pemilihan presiden pada 9 Agustus.

Lituania sendiri telah membuat Belarusia marah lantaran memberikan perlindungan kepada Pemimpin Oposisi Belarusia Svetlana Tikhanovskaya yang mengklaim telah memenangkan pemungutan suara.

Menteri Luar Negeri Lituania Linas Linkevicius mengatakan bahwa, terlepas dari penarikan itu, negaranya ingin menjaga hubungan duta besar dengan Belarusia.

Menteri Luar Negeri Polandia Zbigniew Rau mengatakan bahwa kedua negara telah membuat keputusan bersama untuk menarik duta besar mereka.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua mitra UE atas solidaritas yang tegas dengan Polandia dan Lituania," cuitnya. "Dukungan untuk Belarusia dan upaya mereka untuk mendemokratisasi negara tetap menjadi prioritas kami," katanya.

Belarusia mendesak Lituania dan Polandia, baik negara anggota UE dan NATO, untuk mengurangi jumlah diplomat mereka yang ditempatkan di negara tersebut. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT