06 October 2020, 14:10 WIB

Masker dan Kondom Bekas Sumbat Gorong-Gorong di Margonda Depok


Kisar Rajaguguk | Megapolitan

SATUAN Tugas atau Satgas Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok menemukan beragam jenis sampah di gorong-gorong kawasan Margonda dan kawasan bawah fly over Arif Rahman Hakim, Kota Depok, Selasa (6/10).

Jenis sampah mulai dari kondom, celana dalam, pemres, baju, masker, plastik, lumpur hingga kabel.

Kepala bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Depok Denny Setiawan mengatakan delapan jenis sampah menyumbat aliran gorong-gorong di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Jalan Margonda dan bawah fly over Arif Rahman Hakim, Beji, Kota Depok

Denny mengatakan, sampah yang mayoritas kondom, celana dalam, pempres, baju, masker, plastik,lumpur hingga kabel itu sudah menyumbat gorong-gorong.

Sampah-sampah itu merupakan kiriman dari hulu Sungai Ciliwung di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat hujan deras pada Minggu (4/10) hingga Senin (5/10) dini hari.

Baca juga : Enam Tanggul dan Tebing Sungai di Kota Depok Longsor

"Sampah diperkirakan berasal dari hulunya Sungai Ciliwung yang terbawa arus hujan di hari Minggu malam hingga Senin dini hari (5/10)," kata Denny kepada Media Indonesia, Selasa (6/10).

Dia menduga sejumlah sampah itu berasal dari hotel, warung remang-remang hingga rumah tangga.

Denny menjelaskan, penemuan sampah tersebut berawal dari luapan banjir di depan SPBU Margonda dan bawah fly over Arif Rahman Hakim. " Kita curiga, kita periksalah dan ditemukan beragam sampah di gorong-gorong tersebut.

" Hingga siang sebanyak 10 karung besar sampah telah diangkut dari gorong-gorong itu, " ujar Denny.

Untuk di ketahui sepanjang Jalan Margonda dari mulai Tugu Jam Siliwangi hingga pertigaan Jalan Insinyur Haji Juada dan bawah fly over Arif Rahman Hakim dikenal rawan banjir.  Hujan 20 menit, kawasan ini langsung kebanjiran. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT