06 October 2020, 13:50 WIB

Penonton UEFA Nations League Dibatasi 30% Kapasitas Stadion


Akmal Fauzi | Sepak Bola

LANJUTAN UEFA Nations League 2020 yang dilanjutkan akhir pekan ini akan dimeriahkan dengan kehadiran penonton di stadion. UEFA selaku otoritas tertinggi sepak bola di Eropa berniat melonggarkan protokol kesehatan pada lanjutan pertandingan.

Jumlah penonton yang datang ke laga UEFA Nations League hanya diperbolehkan 30 persen dari kapasitas stadion. Kebijakan ini juga hanya berlaku bagi suporter tuan rumah. Sementara untuk tim tamu belum mendapat lampu hijau dari UEFA.

“Ini keputusan bersama yang masuk akal. Namun, semua harus tetap mengutamakan kesehatan dan menghormati hukum yang berlaku di tiap-tiap negara. Meski menghadapi lawan yang sama, tiap negara punya langkahnya masing-masing,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin.

Namun, jika ada negara yang mengajukan pertandingan tetap tertutup bagi suporter, UEFA tidak melarang hal tersebut.

“Keputusan ini fleksibel. Kami akan selalu menghormati penilaian otoritas lokal. Sebanyak 27 negara telah siap mengizinkan penonton masuk dengan cara-cara berbeda,” ujarnya.

Asosisasi Sepakbola Bosnia NSFS BIH mengambil kesempatan itu untuk menghadirkan 2000 penonton saat negara itu menjamu Belanda Minggu (11/10). Kedua tim tergabung di Grup 1 Liga A bersama Polandia dan juga Italia.

Saat ini, Italia masih menjadi pemimpin klasemen dengan raihan 4 point, sedangkan Belanda berada di posisi kedua dengan torehan 3 point. Bosnia yang berada di posisi paling buncit tentu berharap mereka meraih kemenangan kala menjamu negeri kincir angin. Hanya dengan kemenanganlah asa menuju fase knock out terbuka lebar.

Dewan Eksekutif Federasi Sepak Bola Kroasia juga mengizinkan suporter datang saat mereka melawan Swedia dan Prancis, 11 Oktober dan 14 Oktober di Maksimir Stadium, Zagreb, Kroasia.

Federasi Sepak Bola Kroasia optimistis mampu membawa kembali penonton ke stadion. Bahkan, mereka sudah menjual tiket pertandingan untuk laga-laga tersebut. (UEFA/Eurosport/OL-4)

BERITA TERKAIT