06 October 2020, 13:05 WIB

Longsor di Sukahurip, Ratusan Orang Mengungsi


Kristiadi | Nusantara

LONGSOR dan banjir yang menerjang Kampung Sukahurip RT 033 RW 13, Desa Cikalong, Kecamatan Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya menyebabkan ratusan jiwa harus mengungsi di Madrasah Al Hidayah. Sebagian warga mengungsi di rumah saudaranya. 

"Awalnya jumlah pengungsi 50 jiwa dan sekarang jumlahnya bertambah mencapai 115 orang meninggalkan rumah. Karena itu longsor susulan hingga tanah bergerak terus terjadi. Sampai ada beberapa rumah terancam tergerus longsor di perbukitan. Kini masyarakat tidak berani mendekat ke lokasi," kata Kepala Seksi Trantib Sodonghilir, Wawan, Selasa (6/10).

Ia menambahkan intensitas hujan tinggi beberapa hari di wilayah Tasikmalaya  menyebabkan sebuah tebing setinggi 15 meter longsor menutup areal perkebunan, kolam ikan milik warga dan saluran irigasi sepanjang 70 meter. Kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami bersama Koramil, Polsek telah berupaya mengevakuasi warga menjauh dari lokas. Warga mulai mengungsi ke lokasi aman karena longsoran dan pergerakan tanah terus terjadi," lanjutnya.

baca juga: Fly Over Kretek di Brebes akan Dibuat Jalan Alternatif

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, hujan memicu pergerakan tanah hingga longsor terjadi di Kecamatan Cibalong, Cikatomas dan Sodonghilir.  (OL-3)

BERITA TERKAIT