06 October 2020, 12:45 WIB

DPR Dorong Peran TNI Menjaga Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi


Thomas Harming Suwarta | Politik dan Hukum

PADA Hari Ulang Tahunnya yang ke-75, TNI diharapkan semakin professional, terutama pada masa sulit di tengah krisis ekonomi akibat pandemi, TNI juga bisa mengambil peran strategis untuk menjaga lokomotif pertumbuhan ekonomi.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Aditya Rizaldi, saat berbincang bersama Jurnalis Media Indonesia, Irvan Sihombing, dalam program Journalist on Duty Media Indonesia melalui Instagram Live, Senin (5/10) malam. 

Baca juga: TNI Maksimalkan Media Sosial Agar Lebih Dekat dengan Masyarakat

“Tentu saja kita sampaikan Selamat Hari Ulang Tahun TNI. Kita tentu apresiasi bahwa saat ini TNI kita makin maju dan terus menjadi professional, punya karakter dan kemampuan yang militernya terkenal hebat. Kita tidak perlu disegani tetapi kita tahu bahwa TNI kita dalam kondisi siap menjaga kedaulatan NKRI,” kata Bobby.

Dalam kondisi menghadapi pandemi Covid-19, kata dia, TNI memiliki peran sangat strategis, baik melalui tenaga medis yang dimiliki maupun fasilitas rumah-rumah sakit. Terutama kata dia, TNI perlu memastikan perannya menjaga lokomotif pertumbuhan ekonomi.

“Artinya TNI bisa mengawal sehingga tidak ada hal yang menghambat bangsa kita untuk maju. Moda utama kita adalah menjaga kedaulatan. Kita bisa lihat di Indonesia tidak ada sejengkal tanah pun yang diduduki oleh pihak yang memiliki kepentingan berlawana dengan Negara, katakana seperti di Mindanao Filipina. Jaminan kedaulatan itu penting untuk pertumbuhan ekonomi,” tukasnya.

Diakui Bobby, memang dari sisi daya dukung anggaran, Indonesia belum ideal sebagaimana Negara-negara maju. 

“Ideal anggaran pertahanan itu adalah 1,5 persen dari PDB tetapi kita 0,8 persen saja belum sampai. Tetapi kita perlu bangga bahwa dengan kondisi tidak ideal itu, kita masih mampu menunjukkan kemampuan kita terutama dalam menjaga kedaulatan Negara. Ini penting sekali karena kita jadi tahu bahwa modal dasar TNI kita sangat kuat untuk membaktikan dirinya bagi Negara ini,” pungkas Bobby. (OL-6)

BERITA TERKAIT