06 October 2020, 09:50 WIB

Wismoyo Arismunandar Dikabarkan Wafat, Alumni Akmil: Hoaks


Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum

BEREDAR kabar yang menyebutkan meninggalnya mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal (Purn) Wismoyo Arismunandar melalui broadcast text yang diterima mediaindonesia.com. Namun kabar tersebut langsung dibantah oleh Ketua Alumni Akmil angkatan 1963, Mayjen TNI (Purn) Soekarno.

"Bapak Jenderal TNI (Purn) Wismoyo Arismunandar pagi ini tanggal 6 Oktober jam 06.21 dalam kondisi baik. Beliau masih dirawat di RSPI sejak 3 Oktober sore," terang Mayjen Soekarno, Selasa (6/10).

Ia menerangkan observasi menyeluruh sudah dilakukan sejak kemarin. Sedangkan untuk hari ini Wismoyo dijadwalkan untuk melakukan MRI.

"Berita-berita yang beredar terkait meninggalnya beliau itu tidak benar. Mari kita doakan agar bapak Wismoyo segera kembali sehat," pungkas Soekarno.

Wismoyo Arismunandar adalah purnawirawan perwira tinggi TNI-AD yang pernah menjabat sebagai KSAD pada tahun 1993 -1995 dan Pangkostrad periode 1990 - 1993. Ia merupakan lulusan Akademi Militer Nasional tahun 1963.

Setelah pensiun dari militer Wismoyo kemudian mengabdikan dirinya untuk olahraga Indonesia. Wismoyo menjadi Ketua Umum KONI Pusat dua periode 1995-1999, 1999-2003. Bahkan ketika masih aktif di militer, Wismoyo sudah memimpin Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI).

baca juga: Muncul Surat Pembatalan Mogok Nasional, Ini Klarifikasi KSPI

Pada era kepemimpinannya di PJSI, judo Indonesia berjaya dengan puncaknya nyaris sapu bersih 10 medali emas di ajang SEA Games 1991 Manila, Filipina. Pada waktu itu judo merebut 9 medali emas, sebuah prestasi yang sudah sulit diulangi lagi. PJSI era Wismoyo juga melahirkan judoka sangat ditakuti di kawasan Asia Tenggara dan disegani di Asia, Krishna Bayu yang prestasinya tak tertanding hingga sekarang. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT