06 October 2020, 05:52 WIB

Pilkada Harus Lahirkan Pemimpin Peduli Lingkungan


Denny Susanto | Nusantara

PILKADA serentak 2020 diharapkan mampu melahirkan pemimpin daerah yang peduli lingkungan. Organisasi lingkungan di Kalimantan Selatan deklarasikan Relawan Hijau guna mengawal Pilkada 2020 untuk peduli lingkungan hidup. 

"Masa depan Kalsel sangat tergantung dari komitmen para calon kepala daerah lewat visi misinya terhadap isu-isu lingkungan dan kesejahteraan sosial masyarakat," tegas Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, Senin (5/10) di sela-sela deklarasi Relawan Hijau di Banjarmasin, Senin (5/10). 

Menurut catatan Walhi Kalsel eksploitasi SDA tambang telah menjadi sumber penyebab kerusakan lingkungan dan ancaman bencana ekologis di wilayah tersebut. Saat ini 50 persen wilayah Kalsel dikuasai izin pertambangan (33%) dan perkebunan kelapa sawit (17%).

Saat ini daerah-daerah tambang mengalami bencana banjir saat penghujan dan kekeringan saat kemarau. Sumber-sumber air masyarakat dan sungai tercemar dan masih banyak dampak negatif lain dari sektor pertambangan ini. 

"Dampak kerusakan lingkungan begitu besar karena itu Pilkada menjadi momen untuk melahirkan pemimpin yang benar-benar peduli terhadap lingkungan dan nasib rakyat," ujarnya. 

Hal serupa dikemukakan Solfani Koordinator Relawan Hijau Kalsel yang mengatakan para paslon peserta Pilkada harus memiliki komitmen terkait upaya pelestarian lingkungan. 

"Tanpa komitmen terhadap pelestarian lingkungan maka sangat mungkin kerusakan lingkungan akan semakin parah akibat eksploitasi sumber daya alam yang hanya mementingkan kepentingan ekonomi secara instan," ujarnya. 

baca juga: Elektabilitas Tinggi Alasan NasDem Dukung Zairullah di Tanah Bumbu

Salah satu paslon peserta Pilkada yang dinilai mempunyai visi pelestarian lingkungan dan ekonomi masyarakat lokal yang kuat adalah Berry Nahdian Forqan. Berry dikenal sebagai aktivis lingkungan tersebut diharapkan dapat membawa perubahan dalam upaya pelestarian lingkungan terutama di Kabupaten Hulu Sungai Tengah atau lebih dikenal dengan gerakan #SaveMeratus. 

Sosok Berry secara track record, jejak rekam serta perjuangan gerakan pelestarian lingkungan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal di kawasan Pegunungan Meratus sudah digeluti sejak lama. Di sisi lain Relawan Hijau juga berjanji akan mengawal kebijakan-kebijakan publik terkait lingkungan hidup dan kemasyarakatan dari pemimpin daerah hasil Pilkada di Kalsel. (OL-3)

BERITA TERKAIT