06 October 2020, 05:50 WIB

Kondisi Membaik, Trump akan Tinggalkan RS


Faustinus Nua | Internasional

PRESIDEN AS Donadl Trump mengatakan akan meninggalkan Pusat Medis Walter Reed dan kembali ke Gedung Putih pada pukul 18:30 waktu setempat pada Senin (6/10), tiga hari setelah dirawat di karena Covid-19.

“Saya akan meninggalkan Pusat Medis Walter Reed hari ini pukul 18.30” tulis Trump di akun Twitternya pada Senin sore.

“Merasa sangat baik! Jangan takut dengan Covid. Jangan biarkan hal itu mendominasi hidup Anda. Kami telah mengembangkan, di bawah Pemerintahan Trump, beberapa obat & pengetahuan yang sangat hebat. Saya merasa lebih baik daripada 20 tahun lalu !” tuturnya.

Sebelumnya, pada Jumat dini hari, Trump mengumumkan bahwa dia dan ibu negara Melania Trump dinyatakan positif mengidap virus korona. Presiden dibawa ke rumah sakit melalui Marine One pada Jumat malam setelah dia mengalami demam dan tingkat oksigen dalam darahnya turun dengan cepat, menurut Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows.

Trump menerima pengobatan antibodi eksperimental bersama dengan remdesivir antivirus dan deksametason steroid anti-inflamasi. Keduanya digunakan sebelum pandemi virus korona dan sebelum Trump menjabat.

Kondisi medis Trump tetap tidak jelas setelah dokter Gedung Putih Sean Conley mengakui kepada wartawan hari Minggu bahwa, selama pengarahan sehari sebelumnya, dia telah mencoba menyembunyikan fakta bahwa presiden telah menerima oksigen di Gedung Putih.

“Saya mencoba untuk mencerminkan sikap optimis tim (dan) presiden selama penyakitnya,” kata Conley.

"Saya tidak ingin memberikan info apa pun yang dapat mengarahkan perjalanan penyakit ke arah lain, dan ternyata kami mencoba menyembunyikan sesuatu, yang belum tentu benar."

Baca juga: Komunitas Medis Kritik Trump

Trump telah merilis dua video di media sosial dari rumah sakit untuk berterima kasih kepada para pendukungnya, dan di satu video menyatakan bahwa dia telah belajar banyak tentang Covid-19.

Gedung Putih merilis foto-foto yang menunjukkan Trump sedang bekerja di sebuah meja saat berada di unit kepresidenan Walter Reed, meskipun kertas yang dia tandatangani dalam satu foto tampak kosong.

Minggu sore, Trump sempat meninggalkan Walter Reed dalam iring-iringan mobil untuk menyapa para pendukung yang mengibarkan bendera di luar rumah sakit. Hal itu menuai kritik tajam karena menempatkan pengemudi, pembantunya, dan Dinas Rahasia dalam risiko tertular virus.

“Ini gila,” tweet Dr. James P. Phillips, seorang dokter di Walter Reed yang tidak terlibat dalam perawatan presiden.

“Setiap orang di dalam kendaraan selama 'drive-by' presiden yang sama sekali tidak perlu itu sekarang harus dikarantina selama 14 hari. Mereka mungkin sakit. Mereka mungkin mati." (uk.news/OL-5)

BERITA TERKAIT