06 October 2020, 05:21 WIB

DKI dan Bodetabek Harus Kompak Soal Kebijakan


Hld/J-1 | Megapolitan

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menilai antara DKI Jakarta dan wilayah penyangga, yakni Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek), harus ada kesepakatan kebijakan penanggulangan covid-19 yang efektif.

“Untuk penanganan ini urgen. Langkah-langkahnya harus jelas dan konkret. Sudah sewajarnya kalau terkait Ibu Kota, di antara daerah penyangga ada kesepakatan bersama untuk menjaga,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Apalagi, lanjutnya, akses dari dan ke Jakarta sudah terbuka luas. Ditambah kecepatan transportasi dan fasilitas membuat mobilisasi orang menjadi lebih mudah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan tengah membicarakan usulan Ridwan Kamil terkait adanya gugus tugas Jabodetabek.

Namun, anggota DPRD DKI dari Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menilai usulan pembentukan gugus tugas Jabodetabek tidak terlalu diperlukan.

Menurutnya, yang paling dibutuhkan saat ini ialah komitmen tiap kepala daerah. Gilbert menilai Pemprov DKI justru yang harus melakukan pembenahan dan evaluasi kebijakan.

Ia menilai para pemimpin daerah di wilayah penyangga memiliki keseriusan yang tinggi dalam menekan covid-19. “Mereka (Bodetabek) mau kerja sama dengan DKI. Soal kasus di wilayah mereka, bisa mereka redam, dan lebih banyak kesannya imbas dari DKI,” ujarnya.

Menurut dia, salah satu evaluasi dari DKI ialah pengawasan karena pengetatan pengawasan dan penindakan adalah harga mati untuk menekan covid-19. (Hld/J-1)

BERITA TERKAIT