06 October 2020, 00:41 WIB

Antisipasi Penyebaran Covid-19, MTQ Kabupaten Penajam Ditunda


mediaindonesia.com | Nusantara

KEPALA Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Anang Widianto mengungkapkan ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) pada 2020 Kabupaten Penajam Paser Utara ditunda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kalimantan Timur.

"MTQ tingkat kabupaten 2020 ditunda untuk antisipasi merebaknya virus korona," kata Anang Widianto di Penajam, Senin (5/10).

Ia menjelaskan penundaan kegiatan itu terkait dengan siaga darurat pandemi covid-19. Ia mengharapkan pandemi virus tersebut segera berlalu.

Anang berharap penundaan kegiatan keagamaan tersebut dapat dipahami semua pihak karena bukan kesengajaan tetapi disebabkan pandemi.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga menunda MTQ 2020 tingkat provinsi yang rencananya digelar di Kota Bontang.

"Gubernur Kalimantan Timur menyatakan untuk kegiatan MTQ di Kota Bontang resmi ditunda hingga 2021," ungkap dia.

Awalnya, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menerima surat dari Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, bahwa MTQ tingkat provinsi di Kota Bontang ditunda sampai tahun depan.

Baca juga: Gelaran MTQ Sumut Ikuti Protokol Kesehatan

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Masud lantas mengeluarkan surat edaran untuk pencegahan penyebaran covid-19.

"Kami panitia kerja MTQ kabupaten dalam rapat kerja memutuskan kegiatan MTQ tingkat kabupaten 2020 ditunda ke tahun berikutnya," tutur Anang.

Penundaan MTQ tingkat provinsi, menurut dia, tidak merugikan tetapi dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kesiapan kafilah Kabupaten Penajam Paser Utara dalam menghadapi MTQ tahun depan.

Pada MTQ 2019 tingkat provinsi setempat, kafilah Kabupaten Penajam Paser Utara menempati posisi ketujuh dari 10 kabupaten/kota di Kalimantan Timur.(Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT