06 October 2020, 01:45 WIB

Hilangnya Aura Juara


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

TIDAK ada yang menyangka juara Liga Primer Inggris musim lalu dapat tersungkur dengan sangat keras. 

Liverpool, kemarin WIB, harus menerima kebobolan hingga tujuh kali dalam satu pertandingan melawan Aston Villa dengan hanya membalas dua gol. Hasil tersebut membuat the Reds tidak memiliki aura juara sama sekali.

Pertandingan tersebut seolah membenarkan analisis mantan pemain Manchester United Roy Keane pascakemenangan Liverpool atas Arsenal 3-1. Keane kala itu melabeli lini belakang Liverpool dengan ‘ceroboh’.

Analisis itu pun dibenarkan gelandang Aston Villa Jack Grealish yang dengan leluasa mampu mengacak-acak pertahanan Virgil van Dijk dkk. Dia menjadi protagonis pada pertandingan tersebut danmencetak dua gol. 

Bahkan Ross Barkley yang merupakan rekrutan baru dari Chelsea ikut menyumbang satu gol. Namun, bintang Aston Villa ialah Ollie Watkins yang tiga kali mencatatkan namanyadi papan skor. Satu gol lainnya dipersembahkan John McGinn. Sebaliknya dua gol untuk Liverpool datang dari Mohamed Salah.

Pelatih Liverpool Juergen Klopp pun membenarkan bahwa anak asuhannya membuat berbagai kesalahan di pertandingan tersebut. Bahkan para pemain terancam tidak dapat jeda internasional lantaran harus mendapatkan sesi latihan tambahan untuk memperkuat pertahanan di tengah absennya kiper utama Alisson Becker yang tengah mengalami cedera.

“Jelaskan karena saya tidak yakin, tetapi saya dapat mengatakan apa yang saya lihat. Karena banyak faktor, Aston Villa bermain dengan sangat baik, memaksa kami membuat semua kesalahan yang terjadi,” ungkap Klopp sebagaimana dilansir Eurosport.

Klopp sebetulnya mengharapkan Liverpool dapat membuntuti rival sekota mereka, Everton, yang saat ini masih menikmati kemenangan 100%. Namun, kekalahan itu membuat posisi Liverpool terlempar dari empat besar.


Harapan untuk bangkit

Sebelum Liverpool dipermalukan di Villa Park, Manchester United juga dibuat frustrasi di Old Trafford karena kalah 1-6 dari Tottenham Hotspur.

Tanguy Ndombele dan Serge Aurier menyumbangkan satu gol. Son Heung-min dan Harry Kane masing-masing menambah dengan dua gol. Bruno Fernandes menjadi satu- satunya pemain ‘Setan Merah’ yang mencetak gol.

Hasil itu pun menambah pusing pelatih United Ole Gunnar Solskjaer yang sebelumnya mendapat rentetan hasil negatif di Liga Primer. Belum lagi dari aktivitas transfer yang jauh dari kata memuaskan.

Solskjaer berharap, pemainnya dapat kembali dengan mindset yang baru seusai jeda internasional dalam waktu dekat ini. “Saya pernah terlibat dalam kekalahan besar sebelumnya dan kami mampu bangkit kembali. Jadi, kami akan membiarkan para pemain untuk mengambil jeda tersebut, kembali mencari hasrat mereka dan kami akan membantu mereka,” kata dia.

Dalam kesempatan yang berbeda, pelatih Hotspur Jose Mourinho mengaku bangga atas apa yang dicapai anak asuhannya. Menurutnya, malam itu merupakan malam bersejarah bagi klub, bagi pemain, dan bahkan dirinya sendiri. Mourinho juga memberikan rasa simpatinya kepada pelatih Solskjaer yang menggantikannya. (BBC/R-3)
 

BERITA TERKAIT