05 October 2020, 22:54 WIB

Rute Baru Garuda Makassar Singapura Perluas Peluang Ekspor


Mediaindonesia | Ekonomi

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah mengatakan, rute baru yang dibuka Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk rute Makassar-Singapura (PP) akan memperluas peluang ekspor Sulsel.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/341651-garuda-indonesia-tambah-frekuensi-penerbangan-ke-aceh

Menurut Nurdin di Makassar, Senin (5/10) kebijakan tersebut merupakan langkah maju dalam upaya peningkatan potensi ekspor hasil bumi di Sulsel yang selama ini dikenal sebagai salah satu eksportir komoditas laut, khususnya perikanan tercatat terbanyak mengirim komoditinya ke Singapura.

"Dengan adanya penerbangan langsung Makassar- Singapura diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk-produk segar serta komoditas unggulan lainnya dari Sulsel," katanya.

Terkait hal itu, lanjut dia, eksportir Sulsel diharapkan dapat memanfaatkan layanan ini sehingga kualitas ekspor semakin meningkat ke depan.

Sejalan dengan upaya optimalisasi pasar kargo dan dukungan terhadap daya saing komoditas unggulan nasional, Garuda Indonesia sebelumnya telah melayani penerbangan khusus kargo Manado - Narita.

Hal itu dikemukakan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra pada keterangan persnya di sela penerbangan perdana khusus kargo Makassar-Singapura pada Senin (5/10).

Dia mengatakan, ke depan Garuda Indonesia akan terus mengembangkan aksesibilitas jaringan penerbangan khusus kargo ke berbagai negara potensial pengimpor komoditas maritim Indonesia seperti Tiongkok, Hong Kong maupun berbagai destinasi rute domestik dan internasional lainnya.

Khusus Rute Makassar-Singapura yang beroperasi mulai hari ini akan dilayani sebanyak sekali per minggu dengan armada regular Airbus A330-300 dengan daya angkut mencapai 40 ton di setiap penerbangannya.

Penerbangan Rute Makassar - Singapura ini berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 16.00 WITA dan tiba di Singapura pada pukul 18.40 Waktu Singapura. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT