05 October 2020, 21:55 WIB

Kemenkominfo Bantu Pemda Kabupaten Sorong Selatan Bangun 37 Tower


Martinus Solo | Nusantara

Guna memperlancar komunikasi internet di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, maka Kemenkominfo RI membantu Pemda Kabupaten Sorong Selatan membangun sebanyak 37 tower.

Seluruh tower itu dibangun dalam kurun waktu kurang lebih 3 tahun sejak 2017 hingga 2020. Seluruh tower tersebut dibangun di Sorong Selatan, Papua Barat pada masa kepemimpinan bupati dukungan Partai NasDem yakni Samsudin Anggiluli dan Martinus Salamuk.  

Tujuan dari pembangunan 37 tower tersebut di antaranya untuk membantu masyarakat mengakses informasi melalui jaringan internet dan berkomunikasi jarak jauh dengan sambungan telepon seluler. Hal itu disampaikan Kabag Humas Pemkab Sorong Selatan, Epi Antoh kepada wartawan melalui rilisnya, Senin (5/10).

Ia mengungkapkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sorong Selatan di bawah kepemimpinan Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli, telah membangun sebanyak 37 tower jaringan Telkomsel di berbagai titik.  
"Pembangunan 37 tower itu dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun, sejak 2017 hingga 2020. Selama tiga tahun masa jabatan pemimpin daerah di Kabupaten Sorong Selatan, Bapak Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli bersama pasangannya Martinus Salamuk, kami telah mendapatkan bantuan dari Kementerian Kominfo. Bantuan di antaranya pembangunan jaringan telekomunikasi dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2020," tutur Epi.

Dijelaskannya, pembangunan 37 tower jaringan telekomunikasi tersebut telah dilaksanakan di 15 distrik di Kabupaten Sorong Selatan, dan beberapa kampung di Kokoda Utara hingga Kais Darat.

"Dengan hal tersebut, di mana masyarakat yang belum ada jaringan telekomunikasi, kini sudah kami membangun jaringan telekomunikasi tersebut agar bisa membantu masyarakat untuk komunikasi menggunakan handphone android, dan bisa membantu menelpon anak-anaknya yang menuntut ilmu di luar Papua," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Daerah juga mengusulkan kepada Kementerian Kominfo untuk menyediakan beberapa jaringan telekomunikasi secara khusus untuk pelayanan publik. Seperti sekolah, puskesmas, dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Usulan itu telah direalisasikan dengan membangun 23 jaringan Telkomsel di sekolah dan Puskesmas. "Kami juga berterima kasih kepada Bapak Bupati Kabupaten Sorong Selatan bersama pasangannya Martinus Salamuk, yang sudah mengusulkan ke Kementerian Telekomunikasi untuk membangun jaringan internet di Kabupaten Sorong Selatan, dan telah terjawab dengan baik," pungkasnya. (MS/OL-10)

BERITA TERKAIT