05 October 2020, 21:50 WIB

Akhirnya, Rublev Melaju ke Perempat Final Prancis Terbuka


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

PETENIS Rusia Andrey Rublev menyelesaikan kebangkitan yang mengesankan pada pertandingan putaran ketiga saat melawan petenis Hongaria Marton Fucsovics.

Mencapai babak perempat final Roland Garros untuk pertama kali sepanjang karirnya, Rublev menaklukan Fucsovics dalam waktu kurang dari empat jam dengan meminkan empat set dan berhasil merebut kemenangan 6-7(4), 7-5, 6-4, 7-6(3).

Ini kali kedua Rublev menampilkan kebangkitanya dari ketertinggalan di Roland Garros, setelah sebelumnya pertandingan ketat juga tersaji pada putaran pertama saat melawan petenis Amerika Serikat Sam Querrey dengan lima set pertandingan.

"Saya mengharapkan pertandingan persis seperti ini saat bertemu dengannya (Fucsovics), saya berharap itu akan benar-benar sulit," ucap Rublev.

"Di Piala Davis saya kalah darinya dalam lima set, jadi saya tahu ini (pertandingan ketat) akan terjadi dan kita akan bertanding dengan sangat tangguh. Tapi akhirnya saya sangat senang saya menang hari ini," tuturnya.

Membuka pertandingan dengan pukulan variasi dan kecepatannya dalam bermain, Fucsovics sukses membukukan kemenangan di set pertama. Juara Jenawa 2018 itu terus menampilkan kepiawaiannya dalam bermain, melepaskan beberapa pukulan forehand winner untuk meningkatkan keunggulannya di awal set kedua.

Tapi Rublev bangkit dari ketertinggalan 2-5 untuk memenangkan lima gim berturut turut, melakukan permainan dengan konsisten melalui serangan backhand andalanya petenis Rusia itu secara mengejutkan berhasil mengamankan set kedua.

Kembali tertinggal pada set ketiga dengan kedudukan 1-3, Rublev berhasil memanfaatkan kesalahan lawan untuk melakukan serangan backhand dan mendapatkan tiga break berturut-turut. Terus menampilkan permainan level tinggi Rublev berhasil membalikan keadaan untuk menang set ketiga 6-4.

Bermain pada set keempat, lagi-lagi Rublev tertinggal 4-5 dari Fucsovics, namun kesalahan backhand Fucsovics membawa Rublev berhasil menyamakan kedudukan 5-5. Saling mengejar angka terjadi pada set penentuan ini, memaksa bermain tie-break.

Dalam tie-break, Rublev bermain dengan agresi dibagian depan dengan forehandnya. Juara Hamburg itu sukses mengubah match point keduanya dengan tendangan voly forehand drive untuk merebut tiket ke babak perempat final.

Atas kemenangan itu, pada babak perempat final Rublev akan bertemu dengan unggulan kelima asal Yunani Stefanos Tsitsipas untuk merebutkan satu tempat di semifinal. (Atptour/OL-13)

Baca Juga: Petenis Legendaris Angela Buxton Tutup Usia

BERITA TERKAIT