05 October 2020, 14:50 WIB

Putra Presiden Venezuela Ikut Uji Coba Vaksin Rusia


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN Venezuela Nicolas Maduro mengatakan bahwa putranya akan ikut uji coba vaksin virus korona, Sputnik V. Batch awal vaksin tiba di Venezuela pada Jumat (2/10) dan sebanyak 2.000 penduduk akan berpartisipasi dalam uji coba tersebut.

"Dalam fase uji klinis ini, putra saya, Nicolas Ernesto Maduro Guerra, mengatakan kepada saya tentang keputusannya untuk divaksinasi dengan vaksin Rusia, untuk ikut dalam uji coba. Saya pikir itu sangat bagus," kata pemimpin sosialis itu dalam pidatonya. Saudara perempuan Maduro juga menjadi sukarelawan dalam uji klinis.

Baca juga: Australia akan Wajibkan Vaksin Korona, Ahli: Bisa Bumerang

Vaksin Sputnik V ditanggapi dengan skeptis oleh komunitas medis global. Pada Agustus lalu, Rusia menyatakan dirinya sebagai negara pertama yang menyetujui vaksin virus korona, meski masih menjalani uji klinis skala besar setelah hasil yang menjanjikan.

Obat tersebut saat ini berada dalam tahap 3, uji coba pada manusia, dan menurut Moskow, ada lebih dari 40.000 sukarelawan telah diinokulasi selama proses tersebut.

Menurut angka resmi, hingga Sabtu (3/10), Venezuela telah mencatat 77.646 kasus covid-19 dan 649 kematian akibat infeksi tersebut. Angka-angka tersebut dibantah oleh oposisi di negara itu dan organisasi internasional seperti Human Rights Watch. (AFP/Nur/A-1)

BERITA TERKAIT