05 October 2020, 18:44 WIB

Kapolda Perintah Sertijab atau Kegiatan Apapun Harus Sederhana


Heri Susetyo | Nusantara

KAPOLDA Jatim Irjen M Fadil Imran memerintahkan kepada jajarannya agar setiap melaksanakan acara serah terima jabatan (sertijab) atau kegiatan lainnya supaya dilakukan secara sederhana. 

"Bapak Kapolda sudah menekankan, setiap acara serah terima jabatan atau kegiatan apapun, harus dilakukan se-sederhana mungkin yaitu dengan cara berdoa bersama, rasa wujud syukur," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (5/10).

Menurut Truno, Kapolda tidak ingin kegiatan berlebihan seperti pisah sambut Kasat Lantas Polres Pasuruan dan pisah sambut Kapolsek Gondang Kabupaten Tulungagung terjadi lagi di masa pandemi ini. Kegiatan tersebut menjadi viral dan berdampak tidak baik untuk institusi Polri. 

Padahal Polri seharusnya menjadi contoh dalam hal penerapan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini. Maka sangat disayangkan apabila ada anggota Polri yang tidak paham aturan tersebut. 

Truno juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat, lantaran telah memberi masukan bagi Polri. Menurutnya, dalam hal ini upaya-upaya Polri juga sudah keras dalam memberi sanksi pelanggar protokol kesehatan pada masa pandemi.

Bagi anggota Polri yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan tersebut, saat ini sedang dalam pemeriksaan Propam. Terkait sanksi apa yang akan diberikan juga tergantung dari hasil pemeriksaan Propam.

"Sejauh ini sudah dilakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan, namun upaya-upaya yang sudah kita lakukan upaya yang terbaik. Dan ini menjadi peringatan bagi seluruh personil kita seluruhnya, walaupun zona di daerah-daerah tersebut sudah orange atau kuning sekalipun, ini suatu wujud yang harus diciptakan dan dipelihara agar tidak berkembang lagi," kata Trunoyudo. 

Sebelumnya, sebuah video dangdutan di Pasuruan beredar di media sosial saat masa pandemi. Video itu diambil saat acara malam keakraban dan perpisahan Kasatlantas Polres Pasuruan. Kasatlantas Ajun Komisaris Andika Lubis menggantikan Ajun Komisaris Dwi Nugroho yang dimutasi ke Kapolsek Ketapang Kabupaten Sampang.

Selain itu juga beredar video dangdutan dalam kegiatan pisah sambut Kapolsek Gondang Kabupaten Tulungagung dari Ajun Komisaris Siswanto ke Ajun Komisaris Suwancono. Kegiatan di Tulungagung itu, seperti halnya di Polres Pasuruan tidak memperhatikan protokol kesehatan. (J-1)

BERITA TERKAIT