05 October 2020, 17:08 WIB

DKI Gandeng 1.379 Sekolah Cegah Kekerasan Anak


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta melakukan sosialisasi kepada 1.007 sekolah umum dan 372 madrasah terkait pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, upaya tersebut bertujuan untuk meminimalisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak sebagai dampak adanya pandemi Covid-19.

Tuty menjelaskan, sosialisasi tersebut mencakup, penyebarluasan informasi dan materi seputar jenis tindakan kekerasan anak di lingkungan sekolah. Selain itu, peserta didik juga diajak berdiskusi melalui media Whatsapp ataupun surat elektronik untuk mencegah tindak kekerasan terhadap anak di sekolah.

Baca juga : Cabuli Anak, Oknum Penjual Bakso Ditangkap

Dia mengatakan, Dinas PPAPP dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi dengan melibatkan 1.007 sekolah umum dan 372 madrasah di Jakarta periode Juli sampai dengan September 2020.

"Diharapkan siswa tidak hanya mengerti jenis tindak kekerasan yang ada, tapi juga dapat mencegah dan melaporkan apabila melihat atau bahkan mengalami kekerasan terhadap pihak sekolah," ujar Tuty, Senin (5/10).

Sosialisasi juga dilakukan secara daring kepada masyarakat umum yang ditayangkan melalui aplikasi Zoom, dan ditayangkan secara langsung di kanal Youtube dan Facebook Dinas PPAPP DKI Jakarta, dengan jumlah penonton sebanyak 12.197 orang.

"Gencarnya sosialisasi anti kekerasan secara daring ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya di DKI Jakarta untuk ikut bertindak nyata dalam mencegah dan melaporkan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak yang terjadi di sekitarnya," tandas Tuty. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT