05 October 2020, 16:10 WIB

Takluk di Gim Ketiga, Lakers Bertekad Bangkit


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

LOS Angeles Lakers gagal memperbesar keunggulannya atas Miami Heat pada final kompetisi basket NBA setelah takluk di gim ketiga. Lakers yang kali ini bertindak sebagai tim tamu harus menyerah dengan skor 104-115.

Meski begitu LeBron James dan kawan-kawan masih memimpin 1-2 dalam pertandingan yang menggunakan format best-of-seven. Itu sebabnya mereka  memantapkan tekad untuk tetap kuat dan tampil lebih baik di gim berikutnya. "Saya tidak pernah merasa kami terpuruk," ucap bintang Lakers LeBron James seusai pertandingan.

Baca juga: Langgar Protokol Covid-19, Forward Rockets Diusir NBA

"Saya juga tidak merasa khawatir, kami tidak khawatir, kami tahu kami bisa bermain jauh lebih baik. Kami memiliki kesempatan lain untuk memimpin pada pertandingan berikutnya, kami akan memanfaatkan kesempatan itu," imbuhnya.

Anthony Davis bermain kurang baik pada pertandingan kali ini, ia hanya mencatatkan 15 poin untuk Lakers atau setengah dari rata-rata poinnya selama babak final.

"Percayalah, kami akan baik-baik saja," tegas James. Pada pertandingan itu, penampilan Lakers memang jauh dari kata baik. Terbukti  mereka sempat tertinggal sebanyak 13 poin di kuarter pertama.

"Kami melakukan tembakan, namun kami tidak melakukan pertahanan yang kuat malam ini. Mereka membuat tembakan besar, membuat beberapa permainan bagus, tapi percayalah kami akan baik-baik saja," timpal Davis.

"Saya hanya harus menjadi lebih baik ke depannya," imbuhnya Davis. Lakers sejatinya, kata dia, memiliki banyak ruang untuk meningkatkan pertahanan pada pertandingan kali ini.

"Kami membiarkan Jimmy terlalu sering bermain di tengah dengan kuat, atau mencapai garis lempar bebas. Kami juga membiarkan pemain Heat mencapai tepi dengan mudah tanpa melakukan kontak," sebut Davis.

Di sisi lain, Jimmy Butler sukses menjadi inspirator kebangkitan Heat dengan mencetak triple-double 40 poin, 11 rebound, 13 assist. Ia membuktikan bahwa timnya layak bertanding melawan Lakers di final NBA.

"Kurasa kami menyadari bahwa kami layak (berada di final), membuktikan bahwa mereka (Lakers) bisa dikalahkan selama kita melakukan apa yang seharusnya kita lakukan," ucap Butler.

Absennya bintang Heat, Bam Adebayo dan Goran Dragic pada pertandingan ketiga akibat cedera, tak mematahkan semangat Heat merebut kemenangan. Kelly Olynyk dan Tyler Herro tampil luar biasa, menyumbangkan 17 poin.

"Saya tidak perduli dengan triple-double, saya tidak peduli dengan semua itu, saya benar-benar tidak peduli. Saya hanya ingin menang, dan kami melakukan itu saya senang dengan hasilnya," jelas Butler. (Rif/AFP/ESPN/A-1)

BERITA TERKAIT