05 October 2020, 16:03 WIB

Tidak Bertanding Karena Covid-19, Napoli Malah Dianggap WO


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

PARTAI Juventus - Napoli akhirnya tidak dimainkan setelah Napoli tidak hadir ke Allianz Stadium hingga waktu yang ditentukan. Napoli memang memutuskan tidak berpergian ke Turun setelah tidak mendapatkan izin dari otoritas kesehatan Naples setempat (ASL) pasca dua pemainnya Piotr Zielinski dan Elif Elmas serta satu staf dinyatakan positif covid-19.

Otoritas Seri A sendiri memang tidak membatalkan pertandingan tersebut hingga laga tersebut tetap dijadwalkan ada. Meski pada akhirnya Napoli tidak hadir dalam 45 menit waktu yang ditentukan.

Dengan hal ini Juventus kemungkinan akan mendapatkan kemenangan secara WO, meski pada saat yang sama Napoli disebutkan akan banding dengan keputusan tersebut.

Napoli sebelumnya memang telah menyuarakan permohonan untuk penundaan pertandingan seperti yang terjadi dengan Genoa saat bertemu Torino karena covid-19 yang menimpa tim.

Meski begitu Juventus tetap menguumkan pada Minggu (4/10) mereka tetap menyelenggarakan pertandingan dan akan menurunkan tim ke lapangan meski tidak ada lawan di lapangan.

Otoritas ASL pun mengkonfirmasi bahwa pihaknya memang melarang tim Napoli untuk berpergian dan harus tetap berada di rumah sebagai bagian dari konsekwensi.

Sebelumnya otoritas Serie A mengatakan bahwa ASL telah salah mengambil keputusan dengan tidak menimbang protokol kesehatan yang sudah disepakati antara menteri kesehatan dan menteri olah raga serta otoritas sepak bola.

Disebutkan bahwa bila ada pemain yang dinyatakan positif, pemain lain dapat tetap berlatih dan bermain dengan dilakukan test kembali dengan hasil negatif. Disebutkan sejumlah pertandingan tetap dimainkan musim ini dengan pemain yang terindikasi negatif meski satu atau sejumlah pemain dinyatakan positif.

Serie A memiliki ketentuan bahwa pertandingan harus dilanjutkan dengan setiap tim menyiapkan minimal 13 pemain yang tersedia dan tim yang gagal memenuhinya akan mendapatkan sanksi WO.

Namun tim dapat mengajukan pengunduran pertandingan bila 10 pemain terinfeksi dalam waktu satu minggu.

Menanggapi situasi tersebut Presiden Juventus, Andrea Agnelli pun menjelaskan bahwa Presiden Napoli sudah menghubunginya untuk meminta penundaan pertandingan.

"Presiden Napoli [Aurelio] De Laurentiis mengirimi saya pesan dan saya menjawab bahwa [kami], seperti biasa, mematuhi aturan."

"Ia ingin menunda pertandingan, tapi kami memiliki peraturan yang menjelaskan kepada kami bagaimana kelanjutannya. Setiap industri memiliki aturannya sendiri dan kami perlu menghormatinya. Saya tidak berpikir ASL [otoritas kesehatan lokal] Napoli dapat campur tangan jika protokol FIGC, yang mengacu kembali pada surat edaran pemerintah, tidak dipatuhi pada beberapa titik. Jika protokol berubah, kami akan kembali mematuhinya."

Serie A sendiri mendukung keputusan Juventus menjelang pertandingan yang sedianya digelar pada pukul 01:45 WIB tersebut, menyatakan bahwa tidak ada regulasi yang mencegah Napoli untuk bisa memenuhi jadwal pertandingan meski pun adanya kasus positif COVID-19 dalam skuad mereka.

"Dewan Lega Calcio juga menyetujui seperangkat aturan yang dapat menyebabkan penundaan pertandingan hanya dengan beberapa kasus pemain dinyatakan positif terkena virus," bunyi pengumuman operator Serie A.

"Kondisi itu tidak mungkin diterapkan pada kasus Napoli sekarang ini dan tidak ada keputusan dari otoritas lokal yang melarang pertandingan ini untuk dimainkan." (Skysports/OL-4)

BERITA TERKAIT