05 October 2020, 15:30 WIB

Astronot AS Bersiap Panen Lobak di Luar Angkasa


MI Weekend | Weekend

SEBUAH kapal kargo stasiun luar angkasa meluncur menuju orbit pada Jumat (02/10) dengan membawa beragam makanan dan benih lobak. Dilansir dari ABC News pada Sabtu (03/10), kargo milik perusahaan aeroangkasa Northrop Grumman direncanakan sampai di stasiun ruang angkasa Amerika Serikat hari ini.

Pengiriman dengan muatan seberat 8.000 pon atau sekitar 3.600 kilogram itu mencakup beragam makanan lezat, seperti daging, pasta, dan keju, dan tidak ketinggalan 40 benih lobak yang diharapkan dapat dipanen astronot bulan depan.

Tidak hanya itu, kargo juga mengantarken toilet baru senilai $23 juta atau setara dengan Rp341 juta yang cocok untuk astronot perempuan dan kamera realitas virtual untuk memberikan pemandangan sinematik dari luar angkasa serta hasil jepretan luar ruangan lainnya. Kargo ini sekaligus diharapkan mampu memeriahkan perayaan Hari Thanksgiving yang jatuh 26 November mendatang. 

Jika berhasil, panen lobak di luar angkasa nantinya akan sangat bermanfaat untuk pengembangan persiapan penjelajahan bulan dan Mars. “Sebenarnya ini adalah transisi dari biologi tumbuhan dasar di luar angkasa ke sistem produksi yang dapat bermanfaat bagi penjelajah Bulan dan Mars,” ujar Karl Hasenstein seorang professor biologi di University of Louisiana, Amerika Serikat dan sekaligus memimpin eksperimen ini. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)

BERITA TERKAIT