05 October 2020, 14:35 WIB

DKI dan Bodebek Harus Ada Kesepakatan Kebijakan


Hilda Julaika | Megapolitan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Abdurrahman Suhaimi menilai antara DKI Jakarta dan wilayah penyangga yakni Bodebek harus ada kesepakatan kebijakan. Hal ini dilakukan untuk membuat kebijakan penanggulangan covid-19 di wilayah aglomerasi ini efektif.

“Untuk penanganan ini urgent. Langkah-langkahnya harus jelas dan konkret. Dan sudah sewajarnya kalau ini terkait dengan ibu kota ya, sudah wajar kalau antara daerah penyangga itu ada semacam kesepakatan ini yang harus kita lakukan bersama untuk menjaga DKI dan untuk menjaga daerah-daerah penyangga,” jelasnya kepada Media Indonesia, Senin (5/10).

Baca juga:Stigma Stiker Isolasi Mandiri Bisa Hambat Proses Kesembuhan

Meski demikian, sebetulnya Suhaimi beranggapan harus ada keselarasan dengan wilayah lainnya juga. Karena sekarang akses dari dan ke Jakarta sudah terbuka luas. Di tambah kecepatan transportasi dan fasilitas membuat mobilisasi orang menjadi lebih mudah.

Menurutnya jika tidak ada kebijakan yang serentak justru akan membuat masyarakat bingung dalam merespons kebijakan.

“Semua wilayah itu kan orang dari Jakarta bisa ke Semarang, Solo, Jawa Timur. Apalagi dengan tol cepat sekali. Maka dengan kecepatan transportasi yang ada ini dan dengan kemudahan fasilitas maka pemerintah pusat harus mengambil porsinya yang jelas. Daerah juga yang jelas kebijakannya. Dan jangan memberikan komentar-komentar yang bertabrakan terkait itu. bingung masyarakat,” kritiknya.(H-3)

BERITA TERKAIT