05 October 2020, 14:15 WIB

Obat Covid-19 Remdesivir Dibanderol Rp1,3 Juta


Insi Nantika Jelita | Humaniora

PERUSAHAAN BUMN dibidang Farmasi PT Indofarma bakal menjual obat covid-19 remdesivir sebesar Rp1,3 juta. Hal itu disampaikan Head of Corporate Communication PT Bio Farma (Persero) Iwan Setiawan.

"Betul, untuk harga Remdesivir yakni Rp 1,3 juta," ujar Iwan kepada mediaindonesia.com, Jakarta, Senin (5/10).

Sementara itu, Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto menuturkan obat yang dinamakan Desrem™ Remdesivir Inj 100mg akan dijual mulai pekan depan.

Obat tersebut telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia dan telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melalui penerbitan Nomor Izin Edar yang sudah diterbitkan pada tanggal 30 September 2020.

Baca juga : Favipiravir dan Remdesivir Produksi BUMN Farmasi Siap Diedarkan

"Untuk ketersediaan stock untuk bulan ini, sudah ada sebanyak 400.000 vial dengan harga yang tentunya terjangkau oleh masyarakat," ungkap Arief dalam keterangan resminya.

Desrem™ Remdesivir Inj 100mg, kata Arief, merupakan obat yang digunakan untuk penggunaan pada pasien rawat inap Covid-19 dalam kondisi sedang-berat.

Selain itu, Arief juga menyebut produk obat lainnya yakni Oseltamivir 75gr Caps saat ini telah menjadi rujukan sebagai protokol pengobatan covid-19 di berbagai rumah sakit.

Oseltamivir 75 gr Caps merupakan produk yang telah memiliki sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri senilai 40.06% ini, telah diproduksi sendiri oleh PT Indofarma dengan kapasitas produksi sebesar 4.9 juta kapsul per bulan.

"Sehingga diharapkan dapat mampu mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia," pungkas Arief. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT