05 October 2020, 14:15 WIB

Polda Jambi Gagalkan Penyelundupan 31 Kg Sabu


Solmi | Nusantara

BERKAT kerja sama masyarakat dengan petugas Bhayangkara pembina keamaman dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas), tim gabungan Direktorat Reserse Narkoba Polda Jambi, Polres Muaro Jambi, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sekitar 31 kg narkoba, jenis sabu asal Bengkalis tujuan Pulau Jawa.

Kapolda Jambi Irjen Pol Firman Shantyabudi kepada awak media di Mapolda Jambi, Senin (5/10) menjelaskan, barang bukti narkoba jenis sabu tersebut sempat dibuang kawanan dalam dua buah tas ke area perkebunan kelapa sawit di wilayah Kabupaten Muarojambi, pada Jumat pekan lalu (2/10).

Aksi kawanan yang diduga anggota sindikasi narkoba internasional itu terlihat oleh warga. Mereka melaporkannya ke perangkat desa dan petugas bhabinkamtibmas setempat. Dari info ini petugas mengembangkan temuan tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih atas informasi masyarakat kepada perangkat desa dan aparat kepolisian. Semoga kebersamaan ini bisa terus berjalan," kata Firman Shantyabudi.

Sewaktu tas diperiksa petugas di Mapolres Muarojambi, ditemukan sekitar 31 kg narkoba diduga jensi sabu dalam belasan kemasan.  Tim Polres Muaro Jambi langsung berkoordinasi dengan Ditresnarkoba Polda Jambi, dan berhasil membekuk lima kawanan pembuang sabu yang berputar arah menuju Riau melalui jalan lintas timur Sumatera.

Kelima anggota kawanan merupakan warga Bengkalis , Riau. Berinisial Rt, Zr, Rd, Fh, dan Md. Kelimanya bersama barang bukti sabu bernilai sekitar Rp31 miliyar diamankan di Mapolda Jambi.

Disampaikan Firman, dari pengakuan sementara para tersangka kepada penyidik, aksi terlarang tersebut sudah yang ketiga kalinya dilakukan. Dua kali aksi penyelundupan sebelumnya, kawanan sukses mengirim sabu tujuan pulau Jawa, masing-masing 10 kg dan 20 kg.

"Ini yang ketiga kalinya sudah lolos pertama 10 Kg, yang kedua 20 Kg dan ini 30 Kg, moga-moga bisa dikembangkan sampai kepada jaringannya karena dugaannya kita ini jaringan internasional," kata Irjen Firman.

Kapolda menyatakan, pihaknya akan berusaha mengungkap  tuntas kasus kejahatan narkoba tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Narkoba Meningkat selama Pandemi

 

BERITA TERKAIT