05 October 2020, 14:10 WIB

Kapten Sir Tom Moore Luncurkan Podcast


Abdillah Marzuqi | Weekend

TIDAK hanya anak muda yang butuh bercengkerama, orang tua pun demikian. Bahkan, mereka sering merasa kesepian. Sebab itu, ngobrol dengan teman sebaya bisa menjadi mengasikkan. Para muda pun dianjurkan untuk membantu para tua keluar dari kesepian mereka. Caranya dengan mengajak mereka berbincang.

Itulah salah satu misi podcast Kapten Sir Tom Moore bertajuk The Originals. Sederhananya, orang tua sering merasa kesepian, ajaklah mereka mengobrol.
“Misi saya sederhana tapi penting,” kata mantan perwira militer Inggris itu seperti dilansir The Guardian (5/10).

Nama Moore mendunia setelah bertekad merayakan usianya yang ke-100 dengan membuat gerakan donasi untuk penanganan covid-19 di Inggris, dengan cara berjalan keliling halaman rumahnya April lalu. Untuk orang seusianya, berjalan keliling halaman rumah tentu sudah merupakan hal luar biasa.

Tidak disangka gerakan itu menjadi perhatian masyarakat luas. Pada akhirnya, Moore yang pernah bertugas di Sumatra dan Myanmar saat Perang Dunia II mampu mengumpulkan dana lebih dari Rp613 miliar dan ia pun dianugerahi gelar Sir dari Ratu Elizabeth II.

“Saya berharap podcast The Originals akan membantu mendorong semua orang untuk memulai percakapan yang tepat dengan orang yang lebih tua. Kami benar-benar yang asli dan kami memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang mungkin Anda pikirkan - kami memiliki ratusan kisah menakjubkan yang menunggu untuk diceritakan," ucapnya.

Sir Tom Moore bakal menjadi podcaster tertua di Inggris. Peluncuran perdana diluncurkan pada Senin. The Originals dimaksudkan sebagai bagian dari kampanye nasional untuk mengatasi kesepian di antara orang tua yang terus memburuk selama krisis covid. Kampanye itu mengaungkan pesan pada publik agar menyumbangkan kata dan melakukan percakapan yang bermakna dengan orang yang lebih tua.

Kapten Sir Tom Moore merekam konten podcast di rumah. Orang yang diwawancarai pertama adalah seorang penulis dan kolektor seni Rose Knox-Peebles AKA Mary Telford yang telah berusia 79 tahun. Selain itu masih ada binaragawan berusia 83 tahun Winston Garvey. Di usianya, Winston masih sanggup angkat beban tiga kali seminggu. 

Alih-alih menanyai tamunya tentang cuaca atau hobi mereka, Kapten Tom menekan pada apa yang mereka lakukan di tahun 70-an atau pelajaran kehidupan lajang apa yang akan mereka berikan kepada cucu. Episode selanjutnya akan menampilkan jurnalis investigasi Geoffrey Lean yang berusia 73 tahun. Geoffrey menulis tentang perubahan iklim selama lebih dari setengah abad. (M-1)

BERITA TERKAIT