05 October 2020, 13:50 WIB

Cara Maksimalkan Istirahat Makan siang Saat WFH


MI Weekend | Weekend

SELAMA berbulan-bulan kerja dari rumah (work fromhome/WFH), banyak orang lupa akan waktu istirahat makan siang. Kerja dari rumah (KDR) bisa membuat hidup semakin menjauh dari olahraga, bersosialisasi, ataupun membersihkan tempat sampah. Sepanjang waktu hanya duduk di depan layar komputer.

Dilansir dari The Guardian, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar jeda istirahat menjadi kesempatan anda untuk tetap berinteraksi sosial maupun sebentar menyesap hobi:

- Telepon teman atau cari kenalan baru
KDR melucuti rutinitas interaksi pekerja. Padahal, sebelumnya jam makan siang merupakan waktu yang tepat untuk terhubung kembali dengan teman lama. Jangan biarkan dimenasi itu hilang. Jadi cobalah menelpon teman lama, atau orang baru.

- Tengok tanaman favorit
Tidak semua orang punya tanaman favorit. Memang betul. Intinya sempatkanlah keluar ruangan, ke halaman depan atau pekarangan belakang. Yang penting, menjauhlah sejenak dari layar monitor.
Bagi yang punya tanaman favorit, mereka beruntung bisa menikmati hijau daun sembari menyegarkan mata.

- Pindah posisi, walau hanya untuk beberapa menit
Tentu sangat berguna meluangkan waktu istirahat makan siang dengan sedikit gerakan, bisa senam ringan, main hula-hoop, ataupun peregangan.

- Tangani sampah di meja kerja
Saat KDR, ruangan dan meja kerja pastinya akan penuh dengan dokumen ataupun makanan. Saat istirahat makan siang, cobalah untuk merapikannya. Jika masih cukup waktu, bisa merembet ke bagian rumah yang lain, dapur, ruang tamu, atau kamar mandi. Ingat, ada efek terapeutik pada proses bersih-bersih.

- Tonton drama televisi
Serial drama berdurasi kurang dari sejam adalah durasi ideal untuk istirahat restoratif dari pekerjaan. Hanya saja, jangan tergoda untuk keterusan menonton.

- Dengar atau Mainkan alat musik
Jika sedang mendalami alat musik tertentu. Bisalah itu untuk sedikit meredakan ketengangan. Tak terasa, masa KDR lewat, kemampuan bermusik bakal meningkat. (Yulia Kendriya Putrialvita/M-1)
 

BERITA TERKAIT