05 October 2020, 13:45 WIB

Kebakaran Lahan Gambut di Ile Bura Meluas


John Lewar | Nusantara

KEBAKARAN yang terjadi di Kecamatan Ile Bura sejak minggu (4/10) petang hingga kini masih terjadi. Bahkan kobaran api mulai menjalar ke arah Gunung Lewotobi. Sekitar seribu hektare lahan dan ratusan ribu pohon jambu mete dan pisang ludes terbakar.

"Kita dapat informasi kebakaran di wilayah Kecamatan Ile Bura, hari ini wakil bupati Flores Timur dan tim pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi untuk melihar kondisi di sana dan memadamkan api," ujar Bupati Flores Timur Antonius Gege Hadjon, melalui telepon, Senin (5/10)

Diakui Bupati Anton, pihaknya belum mengetahui secara pasti luas areal yang ludes dilahap api. Termasuk penyebab kebarakannya.

"Wilayah ile Bura terdapat rerumputan kering dan sebagian hutan gambut mengarah ke Gunung Lewotobi. Jalur itu di bibir pantai. Kami belum tahu penyebapnya apa masih diselidiki," ungkap dia.

Baca Juga: Kebakaran Hutan dan Lahan di Lembata Terpantau di Lima Titik

Dia menegaskan saat ini wakil bupati Flores Timur dan tim pemadam kebakaran sudah di lokasi. Bersama masyarakat di kecamatan ile Bura dikerahkan untuk memadamkan api.

"Nanti saya akan sampaikan besarnya, luas areal yang dimakan api karena belum ada laporan yang masuk. Kita tunggu nanti akan dirilis terkait luas areal yang terbakar,"katanya.

Bupati Anton meminta dan menghimbau Kepada seluruh masyarakat di wilayah kecamatan ile Bura dan Wulanggitang dan Flores Timur pada umumnya agar selalu berhati-hati dan waspada. Sebab lahan gambut yang ada di wilayah sekitarnya, pada musim kemarau sering menimbulkan kebakaran.

"Kami minta warga jangan membuang puntung rokok yang menyala pada jalur lahan gambut atau pepohonan kering sehingga tidak terbakar. Apalagi membakar dengan sengaja," pintanya. (OL-13)

Baca Juga: Tiga Helikopter Dikerahkan Atasi Kebakaran Lahan di Ogan Ilir

 

 

BERITA TERKAIT