05 October 2020, 12:49 WIB

Parpol Pendukung Diberi Waktu Seminggu Ajukan Cabup Baru


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

PARTAI politik (Parpol) dan Gabungan Parpol pengusung Calon Bupati (Cabup) Bangka Tengah diberi batas waktu tujuh hari untuk mengajukan pengganti cabup Bangka Tengah almarhum Ibnu Saleh yang meninggal terpapar covid-19. Ketua KPU Provinsi Babel, Davitri mengatakan pihaknya telah menyampaikan secara lisan kepada KPU Kabupaten Bangka Tengah untuk segera menindaklanjuti hal tersebut dengan partai pengusung.

"Agar segera dilakukan proses pergantian calon karena calon yang meninggal dunia boleh diganti," kata Davitri, Senin (5/10).

Ia pun menjelaskan pergantian calon yang maju pada Pilkada karena tidak memenuhi syarat atau meninggal dunia telah diatur dalam Pasal 78-86 PKPU Nomor 3 tahun 2017 sebagaimana telah mengalami perubahan PKPU Nomor 15 tahun 2017, PKPU Nomor 18 tahun 2019, PKPU Nomor 1 tahun 2020 dan perubahan keempatnya PKPU Nomor 9 tahun 2020.

"Sesuai PKPU, pasal 82, partai politik pengusung disilahkan mengajukan calon pengganti tujuh hari sejak calon dinyatakan meninggal atau berhalangan," lanjut Davitri.

baca juga: Giliran Calon Wakil Bupati Bangka Tengah Positif Korona

Selain itu, partai politik atau gabungan partai politik dilarang menarik dukungannya kepada calon atau pasangan calon pengganti. Apabila parpol melakukan penarikan 
dukungan, dukungan tersebut tetap dinyatakan sah untuk paslon yang semula didukung.

"Dalam hal partai politik atau gabungan partai politik tidak mengajukan calon atau pasangan calon pengganti. Salah satu calon dari paslon yang tidak berhalangan hukum tetap akan dinyatakan gugur. Parpol atau gabungan parpol tidak dapat mengusulkan calon atau paslon lain," tegasnya.(OL-3)

BERITA TERKAIT