05 October 2020, 06:30 WIB

Pemerintah Siapkan Tiga Gedung buat OTG


Adi Kristiadi | Humaniora

PEMERINTAH melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, menyiapkan tiga gedung untuk orang tanpa gejala (OTG). Bangunan tersebut milik pemerintah untuk digunakan jika terjadi penambahan kasus pada klaster pesantren.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Heru Suharto menjelaskan pemerintah daerah menyiapkan tiga bangunan untuk pasien klaster pesantren, mengingat jumlah yang positif telah mencapai 94 orang. “Jika terjadi penambahan lagi akan ditempatkan di bangunan tersebut. Kondisi bangunan sudah siap digunakan,” terang Heru, Minggu (4/10).

Ruangan isolasi khusus pasien covid-19 yang selama ini telah dioperasikan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, antara lain Asrama Haji di Jalan Pemda Bojong Koneng, Gedung Diklat SDM di Kecamatan Ciawi, serta sebuah penginapan di Kecamatan Cipatujah.

Terhadap pasien klaster pesantren yang 94 orang sudah ditangani dan mereka mendapatkan perawatan intensif di RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya. Sebagian lagi menjalani isolasi mandiri di lingkungan pondok pesantren. “Petugas masih terus melakukan tracing guna meminimalkan penyebaran virus untuk memutus mata rantai,” ujarnya.

Heru memaparkan Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Heru Suhartopenyebaran virus korona dapat dicegah bila masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak di ruang publik.

“Kami akan terus menyosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat. Pemerintah berupaya secepatnya dapat menggunakan vaksin covid-19 yang sudah ditemukan bagi yang terpapar,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Batu Bara, Sumatra Utara, mempercepat proses pengujian sampel tes usap hingga empat kali lipat dengan pengoperasian mobil laboratorium polymerase chain reaction (PCR).

Bupati Batu Bara Zahir menyebutkan sudah seminggu mobil laboratorium PCR beroperasi, yang merupakan pemberian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut. Mobil laboratorium PCR mampu menguji 9 sampel swab test per jam dan dioperasikan selama 24 jam. (AD/YP/N-1)

BERITA TERKAIT