05 October 2020, 01:45 WIB

Trump Sebut Kondisinya Membaik


Nur Aivanni | Internasional

PRESIDEN AS Donald Trump mengatakan dirinya merasa kondisinya jauh lebih baik dalam melawan virus korona. Dia juga memperkirakan pemulihan kondisinya akan cepat.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah video yang dirilis di akun Twitter-nya. Pria berusia 74 tahun itu meyakinkan publik mengenai kondisinya beberapa jam setelah sumber yang mengetahui kondisi presiden memperingatkan kondisinya mengkhawatirkan.

“Saya datang ke sini, merasa tidak enak badan,” kata Trump yang dirawat di pusat medis militer Walter Reed dekat Washington, setelah didiagnosis terkena covid-19. “Saya merasa jauh lebih baik sekarang, tim dokter bekerja keras untuk menyembuhkan saya,” ucapnya.

Namun, tidak jelas apakah video yang tidak bertanggal itu, yang tampaknya direkam di Walter Reed, dibuat sebelum atau sesudah peringatan yang mengerikan tentang kesehatan Trump, yang kemudian dikatakan media AS berasal dari Kepala Staf Gedung Putih Mark Meadows.

Dengan mengenakan blazer biru dan kemeja putih, tetapi lebih kasual dari biasanya tanpa dasi, Trump memperkirakan pemulihan kondisinya akan cepat.

“Saya pikir saya akan segera pulang dan saya berharap untuk menyelesaikan kampanye,” kata Trump. “Kami akan melihat apa yang terjadi selama beberapa hari ke depan,” tambahnya.

Presiden menambahkan, dia tidak punya pilihan selain bekerja dari kamar rumah sakit daripada mengurung diri di kamar tidurnya untuk pemulihan kondisinya. “Saya tidak punya pilihan karena saya hanya tidak ingin tinggal di Gedung Putih,” kata Trump.

“Saya diberi alternatif itu: tetap di Gedung Putih, mengunci diri, jangan pernah pergi. Jangan pernah pergi ke Oval Office, tetap di lantai atas dan nikmati,” ucap Trump.

Istri Trump, Melania, juga positif terkena covid-19. Namun, Trump menyebut kondisi Melania tidak seburuk dirinya. “Melania menanggapi kondisinya dengan baik. Seperti Anda tahu, dia sedikit lebih muda dari saya,” canda Trump tentang istrinya yang berusia 50 tahun.

Sementara itu, dokter kepresidenan Sean Conley menyatakan Trump belum sembuh betul, tetapi tim dokter tetap optimistis. Menurut Conley, kondisi Trump sudah menunjukkan perbaikan dan kini tidak lagi mengalami demam, juga sudah tidak dibantu oksigen tambahan.

“Trump sudah diberi dosis kedua dari obat terapi Remdesivir dan dia menghabiskan waktu sorenya untuk bekerja,” ungkap Conley.


Pesan Xi

Presiden Tiongkok Xi Jinping, kemarin, menyampaikan harapannya agar Presiden Trump cepat pulih dari virus korona.

Dalam pesannya, Xi dan istrinya, Peng Liyuan menyampaikan simpati mereka kepada Trump dan Ibu Negara AS, Melania. Mereka, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok, berharap Trump dan Melania bisa cepat pulih.

Sebelumnya, sejumlah tokoh dunia, seperti Presiden Rusia Vladimir Putin hingga Sekjen PBB Antonio Guterres juga sudah berdoa demi kesembuhan Trump. (AFP/X11)

BERITA TERKAIT