05 October 2020, 01:15 WIB

Kasus Covid-19 di Inggris Naik Tajam


MI | Internasional

INGGRIS, kemarin, melaporkan 12.872 kasus terbaru covid-19 baru atau hampir dua kali lipat dari jumlah di hari sebelumnya. 

Pemerintah menyalahkan lompatan tersebut pada penundaan pelaporan dan mengatakan jumlahnya dalam beberapa hari mendatang akan mencakup kasus tambahan. Situs web pemerintah mengatakan masalah teknis telah menunda pelaporan sejumlah kasus covid-19.

“Ini berarti total kasus yang dilaporkan selama beberapa hari mendatang akan mencakup beberapa kasus tambahan dari periode antara 24 September dan 1 Oktober serta akan meningkatkan jumlah kasus yang dilaporkan,” kata situs tersebut.

Sementara itu, India mengalami 75.829 kasus baru covid-19, sehari setelah melewati 100.000 kematian. Kementerian Kesehatan, kemarin, meningkatkan jumlah kasus infeksi yang dikonfi rmasi di India menjadi lebih dari 6,5 juta dan mengatakan setidaknya 101.782 orang telah meninggal karena covid-19.

India masih mencatat jumlah kasus harian tertinggi secara global, tetapi negara tersebut memiliki tingkat pemulihan lebih dari 83%. “Jumlah dari mereka yang sembuh telah melampaui 5,5 juta. India juga memiliki tingkat kematian rendah sebesar 1,56%,” kata kementerian itu.

Menurut data resmi, India telah melakukan hampir 79 juta pengujian covid-19 sejauh ini. Di sisi lain, India sedang bersiap untuk membuka kembali bioskop dan taman hiburan dengan kapasitas terbatas mulai 15 Oktober. Itu dilakukan dalam upaya untuk menghidupkan kembali perekonomian.


Kasus pertama

Kepulauan Solomon, kemarin, mengumumkan wilayahnya sudah terjangkit virus korona. “Sangat menyakitkan bagi saya untuk mengatakan Kepulauan Solomon telah kehilangan status bebas covid-19 meskipun upaya kolektif dilakukan untuk mencegah pandemi masuk,” ujar Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasseh Sogavare.

Sogavare mengatakan seorang siswa yang baru saja tiba dari Filipina dalam penerbangan repatriasi yang membawa 96 penumpang, dinyatakan positif korona. Kini hanya tinggal wilayah Kiribati, Kepulauan Marshall,  Mikronesia, Nauru, Palau, Samoa, Tonga, Tuvalu, dan Vanuatu yang diyakini masih bebas dari virus korona. (AFP/Hym/Nur/X-11)
 

BERITA TERKAIT