04 October 2020, 22:40 WIB

Klaster Ponpes di Purwokerto Mulai Teratasi, 73 Santri Sembuh


Lilik Darmawan | Nusantara

KLASTER Covid-19 pondok pesantren (ponpes) di Purwokerto, Jawa Tengah mulai teratasi. Kini, dari 328 santri yang positif, 73 di antaranya sembuh. Sampai sekarang masih ada 255 yang masih menjalani karantina di tiga lokasi di kawasan Baturraden, Banyumas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto mengatakan bahwa dari 328 santri yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, sudah ada 73 yang negatif melalui tes usap. "Mereka telah sembuh dan tidak lagi menjalani karantina. Hingga kini, masih ada 255 santri yang menjalani karantina di tiga lokasi dan ada yang dirawat di RS," jelas Sadiyanto saat dihubungi Media Indonesia pada Minggu (4/10).

Dijelaskan oleh Sadiyanto, yang dirawat di RS hanya 17 santri, karena sebagian besar santri tidak mengalami gejala, sehingga cukup dikarantina. "Ada yang di rumah karantina Diklat sebanyak 97 santri, kemudian Pondok Slamet dengan jumlah 88 santri, Wisma Wijayakusuma sebanyak 47 santri dan di ponpes ada dua orang. Secara total, kami telah melakukan tes swab untuk 631 santri," ujarnya.

Dua optimis, santri akan semakin banyak yang sembuh, apalagi sebagian besar tidak mengalami gejala apapun. "Mudah-mudahan setiap hari akan ada tambahan santri yang negatif Covid-19, sehingga akan dinyatakan sembuh,"katanya. (OL-13)

Baca Juga: Pasien Sembuh Covid-19 di DIY Mencapai 2.046 Kasus

 

BERITA TERKAIT