04 October 2020, 21:33 WIB

Pemkot Palembang Pastikan Warga Bisa Berobat Pakai KTP


Dwi Apriani | Nusantara

KRISIS ekonomi dampak pandemi Covid-19, membuat banyak warga yang takut berobat karena terkendala biaya. Dengan alasan itu Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda ingin warga Palembang khususnya yang prasejahtera tetap bisa mendapat pelayanan kesehatan baik di Puskesmas maupun di RSUD Bari Palembang.

"Sekali lagi jangan takut untuk berobat, karena Pemerintah Kota Palembang mempunyai program berobat gratis. Bila belum ada BPJS maupun KIS masih bisa berobat dengan menunjukkan KTP-nya. Tapi nantinya warga yang bersangkutan bisa langsung mengurus BPJS atau KIS-nya," kata dia.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/297424-rumah-sakit-di-palembang-berlakukan-larangan-besuk

Ia menuturkan untuk mengurus KIS atau Kartu Indonesia Sehat cukup mudah, cukup datang di Dinas Sosial Kota Palembang atau ke Kantor BPJS Kesehatan. "Tentu saja dengan membawa persyaratannya," imbuhnya.

Sementara dalam mewujudkan target pemerintah memberikan BPJS 100 persen kepada masyarakat Kota Palembang, kata Fitri, pihaknya sudah mengkoordinasikan dinas terkait dan pihak BPJS Kesehatan untuk mensinkronasikan data masyarakat yang belum tersentuh pelayanan KIS tersebut. "Saat ini sudah 90-an persen yang tercover, harapan kami selesai 100 persen sehingga tidak ada lagi warga prasejahtera yang tidak berobat karena terkendala biaya," tutupnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT