04 October 2020, 11:40 WIB

Meningkatkan Kesadaran Perempuan akan Kanker Payudara


Eni Kartinah | Humaniora

KANKER payudara merupakan salah satu penyakit yang mematikan bagi kaum perempuan di seluruh dunia. Betapa tidak? Pada 2018 tercatat ada 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

Sementara itu  di Indonesia kasus kanker payudara mencapai 30,9% atau sebesar 58.256 dari 188.231 kasus. Dengan kata lain alam 100 ribu populasi penduduk, terdapat 42,1 kasus baru kanker payudara.

Baca juga: Obat Kanker Payudara Stadium Awal Mulai Dipasarkan di Indonesia

Berangkat dari situ, bertepatan dengan 25 tahun Wardah dan juga bulan peringatan kesadaran kanker payudara yang jatuh pada Oktober, Wardah meluncurkan Special Edition: Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka.  Bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dalam gerakan inspiratif Wardah mengajak perempuan Indonesia untuk meningkatkan awareness dan mendukung para penyintas kanker payudara.

 
Lewat program itu, Wardah beromitmen dalam memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan yang terdiri dari 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan perempuan, dan lingkungan. Sebagai wujud langkah nyata dalam pilar kesehatan, Wardah meluncurkan kampanye #OnePinkOneHope yang bertujuan meningkatkan awareness masyarakat khususnya perempuan Indonesia akan kanker payudara. Tidak sebatas itu Wardah juga ingin memberikan semangat dan dukungan bagi penyintas kanker payudara dalam berjuang serta mengedukasi pentingnya deteksi dini bagi perempuan Indonesia.
 
“Sebagai brand kecantikan yang sangat dekat dengan perempuan Indonesia, kami  ikut ambil bagian dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terkait dengan kanker payudara. Pada kesempatan ini kami meluncurkan Wardah Exclusive Matte Lipcream x Ayang Cempaka yang merupakan seorang global ilustrator dan penyintas kanker payudara. Salah satu komitmen yang terus diupayakan oleh Wardah bersama banyak organisasi adalah perihal peningkatan kualitas kesehatan, terutama yang berkaitan dengan perempuan. Sehingga, kolaborasi ini menjadi salah satu bentuk dukungan Wardah terhadap perempuan Indonesia," tegas Wardah Decorative Brand Manager, Husna Sani Razanah.
 
Bersama dengan YKPI, Wardah membantu para penderita dan survivor kanker payudara di Indonesia. Setiap pembelian Wardah Lipcream berkontribusi pada aksi deteksi dini & pencegahan kanker payudara. Terlebih pada situasi pandemi covid-19 ini ketika banyak survivor dan penderita kanker payudara sulit untuk mendapatkan akses kesehatan dan terapi, serta kondisi stress juga dapat memicu kanker payudara.
 
“Saya sangat senang dapat berkolaborasi dengan Wardah di momentum breast cancer awareness month. Memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan mengenai kanker payudara melalui elemen seni dan dunia yang aku cintai. Seperti yang kita ketahui bahwa 70% dari penderita kanker payudara di Indonesia berkonsultasi ke dokter di stadium lanjut. Hal ini disebabkan karena rendahnya pengetahuan dan kesadaran perempuan Indonesia. Bagi perempuan Indonesia, kami  mengajak untuk tanggap dan mendeteksi secara dini gejala kanker payudara sehingga memiliki kesempatan sembuh yang jauh lebih tinggi,” cetus Global Ilustrator, Ayang Cempaka.

Gambar atau ilustrasi yang ciptakan didedikasikan bagi seluruh perempuan Indonesia. Perempuan yang berhijab ataupun tidak, rambut panjang/pendek/ikal, dari suku manapun, warna kulit apapun, agama apapun, besar, kecil, tinggi, pendek. “Inspirasinya adalah mereka, karena kita perempuan, punya resiko terkena kanker payudara,” ujar Ayang.

“Melalui kegiatan inspiratif ini kami ingin perempuan-perempuan Indonesia mulai membiasakan pemeriksaan diri sendiri lewat sadari secara berkala dan menyampaikan informasi ini kepada perempuan lainnya juga orang-orang tercinta,”ujar Husna. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT