04 October 2020, 16:26 WIB

Djokovic Lampaui Kemenangan Federer di Prancis Terbuka


Dero Iqbal Mahendra | Olahraga

PETENIS Serbia Novak Djokovic kembali mengamankan tempat di babak keempat Prancis Terbuka.

Kemenangan tersebut tidak hanya membuatnya lebih jauh di Roland Garros. Namun, sekaligus melampaui catatan kemenangan Roger Federer di ajang Roland Garros.

Petenis nomer satu dunia mencatatkan kemenangannya setelah mengalahkan Daniel Elahi Galan dari Kolombia dengan 6-0, 6-3, 6-2 dalam waktu 2 jam 8 menit.

Kemenangan tersebut membuat catatan kemenangan game 71 berbanding 14 kekalahan. Artinya, Djokovic melampaui kemenangan Federer di Roland Garros. Diketahui, Federer mencatatkan 70 kemenangan game berbanding 17 kekalahan.

Baca juga: Ostapenko Singkirkan Pliskova di Putaran Kedua Prancis Terbuka

Akan tetapi, kedua petenis masih berada di bawah catatan Rafael Nadal pada ajang yang sama. Raja lapangan itu masih memegang rekor dengan kemenangan game 92 berbanding 2 kekalahan.

Dalam ajang Prancis Terbuka kali ini, Djokovic menunjukkan performa gemilang sejak babak awal. Dia hanya kehilangan 15 game.

"Jika Anda tampil menekan sejak awal pertandingan, itu akan membuat lawan kesulitan untuk memberikan perlawanan, mengubah arah pertandingan dan memenangkannya," tutur Djokovic.

Baca juga: Djokovic Minta Maaf Atas Insiden Diskualifikasi di AS Terbuka

Selain itu, Djokovic juga menunjukkan sikap sportifitas luar biasa pada babak ketiga. Saat hujan turun deras, sisi lapangan Galan dibanjiri air dan membuat petenis Kolombia sempat terpeleset.

Djokovic merespons hal tersebut dengan meminta penghentian sementara pertandingan di game keempat. Setidaknya sampai kondisi setara bagi kedua pemain.

Kemenangan atas Galan juga sukses menyamai rekor dua pesaingnya, Nadal dan Federer, dengan lolos 11 kali berturut-turut ke babak 16 besar Prancis Terbuka. Sebelumnya, Nadal dan Federer mencatat pencapaian tersebut sepanjang 2005-2015.(ATPTour/OL-11)

 

BERITA TERKAIT