04 October 2020, 13:59 WIB

Mensesneg Bantah Presiden akan Angkat Dua Wamen Baru


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

MENTERI Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno membantah rumor yang menyebutkan Presiden Joko Widodo akan mengangkat dua wakil menteri (wamen) baru yakni di Kementerian Ketenagakerjaan dan Kementerian Koperasi dan UKM.

"Berita tentang rencana pengangkatan dua wakil menteri baru yakni Wamen Kemenaker dan Wamen Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah itu tidak benar," ucap Pratikno kepada wartawan, Minggu (4/10).

Kabar soal wamen baru itu beredar menyusul dipublikasikannya Perpres Nomor 95 Tahun 2020 tentang Kementerian Ketenagakerjaan dan Perpres Nomor 96 Tahun 2020 tentang Kementerian Koperasi dan UKM. Dalam dua Perpres itu disebutkan adanya posisi wamen.

Pratikno menjelaskan, dalam Perpres kementerian-kementerian lain juga memang disebutkan posisi wamen. Namun, hal itu bukan berarti Presiden Jokowi akan mengangkat wamen.

Baca juga: Wamenag Kesal Soal Foto Kolase Wapres Ma'ruf Amin di Medsos

Sebagai contoh, Perpres untuk Kemendikbud dan Kemenristek juga mencantumkan posisi wamen namun Presiden tidak mengangkat siapapun untuk mengisi jabatan itu. Adapun pengangkatan wamen secara administratif ditetapkan melalui Keppres bukan Perpres.

"Dalam Perpres kelembagaan beberapa kementerian, memang ada jabatan wamen, tetapi pengangkatan wamen oleh Presiden melalui Keppres," ucapnya.

Praktikno menegaskan hingga saat ini, Presiden Jokowi tidak ada rencana mengangkat wamen baru. Pengangkatan wamen sebelumnya yakni pada Oktober 2019.

"Sampai saat ini, setelah pelantikan wamen oleh Presiden pada 25 Oktober 2019 yang lalu, tidak ada rancangan Keppres tentang pengangkatan wamen," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT