04 October 2020, 09:00 WIB

Guardiola Akui tak Pernah Mudah Lawan Leeds


Dero Iqbal Mahendra | Sepak Bola

PELATIH Manchester City Pep Guardiola mengaku menerima hasil imbang 1-1 saat timnya berhadapan dengan juara Championship musim lalu Leeds United.

City sempat unggul melalui aksi Raheem Sterling di menit ke 17. Meski mendominasi pada babak pertama, City gagal menambahkan keunggulan hingga turun minum.

Meski begitu anak asuh Marcelo Bielsa tidak begitu saja lempar handuk, mereka langsung tampil menekan begitu babak kedua dimainkan. Tekanan kepada City akhirnya berbuah manis dengan Rodrigo mencetak gol perdananya bagi Leeds, sehingga menyamakan kedudukan dengan memanfaatkan kesalahan kiper City Ederson.

Meski ditahan imbang, Guardiola mengaku puas dengan hasil ini, terutama mengingat absennya sejumlah pemain kunci pada laga ini.

"Ini pertandingan yang bagus dan hasil yang adil bagi kedua tim. Kami sangat luar biasa pada 30 menit, seharusnya kami bisa menambah gol, tetapi kami tidak melakukan itu," ungkap Guardiola kepada Sky Sports, Minggu (4/10).

"Kami tahu bahwa lawan kami merupakan tim yang hingga peluit akhir akan tetap ada di sana dan bertarung. Namun tim saya, dengan situsi yang kami hadapi, tanpa pramusim dan banyak pemain yang tidak bisa main, mereka menunjukkan sikap yang luar biasa," imbuh Guardiola.

Ia menyayangkan timnya tidak dapat memetik poin penuh, namun City akan move on ke pertandingan berikutnya.

Dalam pertandingan ini, City memang tidak diperkuat dua penyerang andalannya, Sergio Aguero dan Gabriel Jesus. Selain itu gelandang Ilkay Gundongan juga tidak dapat diturunkan.

Baca juga:  City akan Jamu Leeds, Guardiola Sanjung Bielsa

Meski begitu rekrutan baru City dari Benfica, Ruben Dias, langsung menjalani debut perdananya sejak awal pertandingan.

"Kami memainkan pertandingan yang bagus, berbeda dengan gaya bermain kami yang biasa, lebih ke sepak bola transisi," tuturnya.

Di babak kedua, Guardiola menilai pertandingan berjalan seimbang, meski ada beberapa waktu Leeds cukup mendominasi. Hingga akhirnya, pada 15 menit terakhir, timnya berupaya untuk memenangkan pertandingan.

Guardiola mengakui memang tidak mudah untuk melawan tim Marcelo Bielsa yang memang tampil mengesankan di awal musim ini.

"Mereka menempatkan banyak pemain di belakang garis tengah kami, mereka menyerang dengan sangat cepat dengan pemain berkualitas mereka, yakni pemain cepat dari sisi lapangan," tutur Guardiola.

"Tidak pernah mudah melawan mereka. Saya rasa semua tim yang telah mereka lawan di awal musim ini dan musim lalu di Championship menunjukkan betapa bagusnya mereka," pungkas Guardiola. (Dro)

BERITA TERKAIT