04 October 2020, 02:19 WIB

Adu Taktik Murid Lawan Mentor Berakhir Imbang


Akhmad Mustain | Sepak Bola

MANCHESTER City hanya membawa pulang satu poin dari kandang tim promosi Leeds United setelah diitahan imbang 1-1 dalam laga pekan keempat Liga Inggris di Stadion Elland Road, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.
 
Kiper Ederson Moraes melakukan blunder sehingga Rodrigo Moreno menghapuskan keunggulan yang dimiliki City sejak menit ke-17 lewat gol
Raheem Sterling, demikian catatan laman Liga Inggris.

Hasil itu membuat City hanya naik ke peringkat ke-10 dengan koleksi empat poin, sedangkan Leeds (7) menerobos lima besar klasemen. City tampil lebih agresif tetapi lini depan mereka tak cukup klinis dan hanya dua kali menemui sasaran dari 23 percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Tetapi mereka juga diuntungkan karena pemain andalan Leeds, Jack Harrison, tak bisa diturunkan sebagai kesepakatan kontrak pinjam dari City.

Sejak awal City menekan tuan rumah dan empat menit setelah sepak mula Kevin de Bruyne hampir membuka keunggulan tetapi tembakannya masih membentur tiang gawang.

Pada menit ke-17, Sterling menerima umpan kiriman Ferran Torres sebelum menusuk ke dalam kotak penalti dan menaklukkan kiper Illan Meslier untuk membawa City memimpin.

Leeds berusaha membalas pada menit ke-37, tetapi tembakan Stuart Dallas masih bisa dimentahkan oleh Ederson.

Kedudukan akhirnya imbang pada menit ke-59 ketika sepak pojok Kalvin Phillips gagal dimentahkan sempurna oleh Ederson dan bola jatuh ke hadapan Rodrigo yang tinggal menceploskannya ke dalam gawang.

Kedua tim terus saling serang untuk mencari gol kemenangan dan pada menit ke-74 Ederson membayar kesalahannya dengan menggagalkan peluang Leeds lewat tembakan jarak dekat Patrick Bamford.

Dalam 10 menit terakhir, City dua kali meminta tendangan penalti atas dugaan handball pemain Leeds di dalam area terlarang, tetapi wasit Mike Dean mengabaikannya dan skor 1-1 tak berubah hingga laga usai.

Pertandingan ini merupakan pertemuan antara kedua pelatih yang punya gaya taktik permainan serupa. Bagi Pelatih Manchester City Pep Guardiola, pertandingan ini  menjadi kesempatan untuk beradu taktik dengan sang mentor, Marcelo Bielsa yang menukangi Leeds United.  
 
Susunan pemain:
 
Leeds United (3-1-4-2): Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Liam Cooper; Kalvin Phillips; Helder Costa, Mateusz Klich (Leif Davis), Stuart Dallas, Ezghan Alioski (Ian Poveda-Ocampo); Patrick Bamford, Tyler Roberts (Rodrigo Moreno)

Pelatih: Marcelo Bielsa
 
Manchester City (4-1-4-1): Ederson Moraes; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy (Nathan Ake); Rodri Hernandez; Riyad Mahrez (Fernandinho), Kevin de Bruyne, Philip Foden, Ferran Torres (Bernardo Silva); Raheem Sterling

Pelatih: Pep Guardiola (Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT