03 October 2020, 20:52 WIB

KPK Klaim Pegawai yang Mundur Tahun Ini Secara Baik-baik


tri subarkah | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi mencatat ada 34 pegawainya yang mengundurkan diri (resign) pada 2020. Dari angka tersebut, sebanyak 21 di antaranya mengundurkan diri secara baik-baik. Hal itu disampaikan pelaksana tugas juru bicara KPK Ali Fikri.

"Ini kan dari yang 34 (pegawai), 21 keluar dengan baik-baik, tidak ada persoalan. Makanya saya heran kalau kemudian ada orang yang ribut di luar begitu, seolah-olah kaya ada yang dipecat aja. Karena ini kan mundur sendiri, kalau mau keluarkan itu pilihan, kita hormati," kata Ali kepada Media Indonesia, Sabtu (3/10).

Ali mencatat dari angka 34, hanya dua pegawai saja yang mengundurkan diri karena terjadi perubahan sistem di internal KPK, salah satunya adalah Febri Diansyah yang terakhir menjabat sebagai Kepala Biro Hubungan Masyarakat.

Menurut Ali, saat ini KPK sedang menggodok soal Peraturan Komisi (Perkom) terkait pengalihan pegawai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya, Perkom tersebut mengatur mekanisme alih status pegawai tetap menjadi PNS. Sementara itu, pegawai tidak tetap menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). (OL-4)

BERITA TERKAIT